Senin, 02 Maret 2020 20:04 WITA

Kemenkes Tunjuk RS Sinjai Jadi Rujukan Pasien Corona, Ini Penjelasan Rumah Sakit

Penulis: Rahmatullah
Editor: Andi Chaerul Fadli
Kemenkes Tunjuk RS Sinjai Jadi Rujukan Pasien Corona, Ini Penjelasan Rumah Sakit

RAKYATKU.COM, SINJAI - Kementrian kesehatan RI melakukan langkah dini terhadap penyebaran virus Covid-19 atau Corona. Pasca ditetapkannya 2 orang Indonesia positif Corona, Kemenkes RI merilis daftar 100 Rumah Sakit rujukan se Indonesia.

Kepala Bidang Media dan Opini Publik Kementerian Kesehatan Busroni menjelaskan 100 rumah sakit rujukan tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

"Fasilitasnya lengkap, dokter, perawat dan nakes (tenaga kesehatan) lainnya," ujarnya

Yaitu, RSU Dr. Wahidin Sudirohusodo, RSU Andi Makkasau, RSU Lakipadada Tana Toraja, RS Islam Faisal, RS Akademis Jaury dan  Rumah Sakit Umum Kabupaten Sinjai.

Di Sulawesi Selatan, ada 6 Rumah Sakit yang ditetapkan Kemenkes seperti yang dilansir dari laman Kompas.

Kepala Bidang Pelayanan dan Keperawatan RSUD Sinjai,  dr. Emmy Kartahara Malik yang dikonfirmasi rakyatku.com mengaku, telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi mengenai dimasukannya RS Sinjai sebagai daftar tersebut.

loading...

Katanya, sejauh ini, RS Sinjai tidak pernah mendapat penyampaian resmi dari Kemenkes sebagai Rumah Sakit rujukan Corona. "Namun beberapa kali memanh ada permintaan pengisian data terkait kesiagaan menghadapi pasien terduga Corona" Ungkapnya.

Kendati begitu, RS Sinjai tetap akan melakukan rujukan ke RS Wahidin Makassar yang memiliki fasilitas lebih lengkap.

"Tentunya kami jika ada yang dicurigai, kami tetap melakukan penganan dini. Karena fasilitas yang kami miliki di sini belum memadai, kami tetap merujuk ke  RS Wahidin yang telah memiliki gedung penanganan pasien-pasien Infeksius," Ucapnya.

Iapun berharap, adanya penambahan fasilitas dan dokter ahli, untuk penanganan pasien jika ada yang di 'Suspect' Corona, itu karena saat Ini Sinjai masih minim fasilitas dan dokter ahli.

Tags
Loading...
Loading...