Senin, 02 Maret 2020 12:25 WITA

Syahrini Pandu Pengambilan Sumpah 379 ASN, Bupati Bone Ingatkan Tiga Perbuatan Terlarang

Editor: Abu Asyraf
Syahrini Pandu Pengambilan Sumpah 379 ASN, Bupati Bone Ingatkan Tiga Perbuatan Terlarang
Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi menyerahkan SK kepada 379 ASN di Bone, Senin (2/3/2020).

RAKYATKU.COM,BONE - Andi Fahsar M Padjalangi asyik mengobrol dengan Kepala Kesbangpol Sulsel Asriadi Sulaiman, Senin (2/3/2020). Keduanya duduk pada sofa di pelataran parkir kantor bupati Bone.

Tak lama kemudian, terdengar suara merdu Syahrini, "Inspektur upacara dipersilakan memasuki lapangan upacara."

Dia bukan penyanyi yang terkenal itu. Istri Reino Barack. Syahrini yang satu ini adalah staf Bagian Protokol Komunikasi dan Dokumentasi Dinas Kominfo Bone.

Bupati Bone Andi Fahsar langsung beranjak dari tempat duduknya. Dia menuju mimbar. Suasana hening. Ratusan ASN berseragam Korpri yang tadinya santai, kini berdiri tegap.

Lagu Indonesia Raya dikumandangkan diikuti semua peserta upacara dan hadirin. Dilanjutkan hening cipta. Setelah itu para hadirin diminta duduk kembali.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bone, Andi Fajaruddin melangkah mendekati salah satu pengeras suara.

Syahrini Pandu Pengambilan Sumpah 379 ASN, Bupati Bone Ingatkan Tiga Perbuatan Terlarang

"Pengambilan sumpah/janji PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bone ini sebagai salah satu upaya pembinaaan PNS. Agar dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Setia dan taat pada Pancasila dan UUD 1945 serta diharuskan berhasil dan berdaya guna dengan baik," tegas Andi Fajaruddin.

Ada 379 ASN yang mengikuti pengambilan sumpah/janji. Mereka terdiri atas 163 orang dari PNS yang sudah lama mengabdi. Tersebar di sejumlah OPD yang belum pernah diambil sumpah/janjinya. Lalu, PNS golongan III 263 orang, serta golongan II 46 orang.

Usai laporan kepala BKPSDM, peserta upacara diistirahatkan di tempat.

Dilanjutkan sambutan Bupati Bone, Dr H Andi Fahsar M Padjalangi. Dia mengatakan, pengambilan sumpah/janji adalah suatu amanah. Didasari regulasi. Setiap CPNS yang mau diangkat menjadi PNS wajib mengucapkan sumpah.

"Mengapa demikian? Agar mereka memiliki mental yang baik, jujur, setia dan mendorong terlaksananya pemerintahan yang bersih. Khususnya dalam lingkup Pemkab Bone," kata Andi Fahsar.

loading...

"Dengan pengambilan sumpah/janji PNS ini, maka tentunya sanksi semakin mendekat karena telah dilaksankan sumpah. Sumpah itu mengikat, bukan hanya kepada bupati, tetapi yang lebih penting terhadap Allah dan masyarakat," tegas H Andi Fahsar.

H Andi Fahsar juga memberikan motivasi dan perumpamaan. Biasanya pegawai baru, semangatnya luar biasa. 

"Makanya, jangan melihat pegawai yang di sekelilingmu karena pegawai yang lama biasanya ada virusnya. Terkadang membuat semangat dan etos kerjanya mengalami penurunan," lanjut Andi Fahsar.

Syahrini Pandu Pengambilan Sumpah 379 ASN, Bupati Bone Ingatkan Tiga Perbuatan Terlarang

"Perlihatkan kinerjamu. Anda harus memiliki kemampuan, kualitas, dan kredibilitas yang baik. Persiapkan melalui ilmu dan pengetahuan. Gunakan alat teknologi dengan baik dan tepat guna. Hindari hal-hal yang bertentangan dengan aturan dan regulasi," tegasnya lagi.

"Ke depan, persaingan semakin ketat. Maka, jagalah sumpahmu dan tanggung jawabmu sebagai ASN. Tunjukkan prestasimu. Jaga moralmu demi karier dan dirimu," harap H Andi Fahsar.

Bupati Bone yang memasuki periode kedua pemerintahannya ini juga mengimbau seluruh ASN agar memperhatikan dan menjauhi hal-hal yang dapat mengakibatkan pemecatan bagi ASN.

"Ada tiga hal yg harus diperhatikan ASN. Jangan narkoba, karena apabila ada ASN yang telah dijatuhi vonis atau berkekuatan hukum, maka sanksinya adalah pemecatan. Demikian pula radikalisme/terorisme dan korupsi. Ketiga hal tersebut tidak bisa ditawar dari pemecatan," katanya.

"Patuh dan taat pada absensi. Tunjukkan dan buktikan bahwa memang kami pantas menjadi ASN. Berikan pelayanan dan jawab cemoohan masyarakat dengan pelayanan dan kinerja yang bagus. Selamat bertugas. Jadilah teladan serta berikan pelayanan maksimal dan terbaik," tutup Andi Fahsar. 

Acara itu turut dihadiri Wakil Bupati Bone H Ambo Dalle MM; Sekda Bone H Andi Surya Darma; Asisten II Pemkab Bone Andi Gunadil Ukra, dan sejumlah staf ahli bupati. (Saenal Abidin/Rakyatku.com)

Loading...
Loading...