Sabtu, 29 Februari 2020 21:19 WITA

Ada Tambahan Fasilitas Pelabuhan dari Kementerian, Bupati Barru: Alhamdulillah

Editor: Nur Hidayat Said
Ada Tambahan Fasilitas Pelabuhan dari Kementerian, Bupati Barru: Alhamdulillah
Kunjungan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, ke Kabupaten Barru, Sabtu (29/2/2020).

RAKYATKU.COM, BARRU - Dukungan dan komitmen Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, untuk berbagai proyek di Kabupaten Barru, menjadi penyemangat tersendiri bagi jajaran pemerintah kabupaten dan warga.

Bupati Barru, Suardi Saleh, mengaku bersyukur atas perhatian serius pemerintah pusat dan provinsi mengenai pengembangan Pelabuhan Garongkong yang akan dijadikan salah satu pelabuhan penyangga pangan ibu kota negara baru di Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah atas support Bapak Menteri Perhubungan dan jajarannya, Gubernur dan Forkopimda Sulsel. Terima kasih atas penambahan (fasilitas) pelabuhan,” kata Suardi Saleh saat menerima kunjungan kerja Menteri Perhubungan dan Gubernur Sulsel di Barru, Sabtu (29/02/2020).

Kepada Menteri Perhubungan dan Gubernur Sulsel, Suardi Saleh yang dikenal sebagai kepala daerah pekerja, memaparkan berbagai progres yang dijalankan Pemkab dalam pengembangan Pelabuhan Garongkong, maupun mengenai pembebasan lahan proyek kereta api.

Untuk pembebasan lahan misalnya, awalnya sempat ada kendala dari beberapa pemilik lahan. Namun setelah melibatkan banyak pihak, termasuk tokoh agama, maka semua bisa teratasi. Bahkan, pengerjaan rel kereta api sudah mencapai sekira 44 kilometer.

Khusus pengembangan pelabuhan, maupun rencana menjadikan Barru sebagai salah satu penyangga pangan ibu kota negara baru di Kaltim, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Termasuk menyosialisasikan awal ke berbagai stakholder mengenai peluang tersebut.

Apalagi, Pelabuhan Barru yang wilayahnya sangat strategis dengan ibu kota negara baru di Kaltim, sangat memungkinkan untuk menjadi penyuplai atau penyangga pangan. Jika ini bisa dimaksimalkan, dampaknya sangat baik sekali untuk menggerakkan roda perekonomian di Barru.

loading...

Ditambah lagi, Kabupaten Barru punya lahan pertanian, perikanan yang cukup memadai. Sehingga dengan rencana ini, kedepannya bisa menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kesejahteraan para petani dan nelayan, maupun masyarakat umum.

Terkait harapan Gubernur Sulsel yang ingin menjadikan Barru salah satu pertumbuhan ekonomi utama di Sulsel, Suardi Saleh menyebut jika berbagai langkah sudah dilakukan. Seperti menerapkan kawasan ekonomi.

"Sudah ada empat kelurahan/desa yang sudah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi. Dan itu Perdanya,” papar Suardi Saleh yang oleh Gubernur Sulsel disebut berhasil mengangkat nama Barru.

Sekadar diketahui, Menteri Perhubungan RI Budi Karya, menyempatkan waktunya melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Barru. Didampingi Gubernur Sulsel, ia meninjau lokasi pengerjaan proyek kereta api dan Pelabuhan Garongkong.

Selama kurang lebih tiga jam, Budi juga menyampaikan komitmen Pemerintah Pusat untuk kelanjutan proyek kereta api, maupun memberi perhatian untuk pengembangan Pelabuhan Garongkong.

Loading...
Loading...