Sabtu, 29 Februari 2020 19:19 WITA

Survei 1000 Perusahaan, Ini Daftar Peraih Top Digital PR Award 2020 yang Digelar TRAS N CO Indonesia

Editor: Abu Asyraf
Survei 1000 Perusahaan, Ini Daftar Peraih Top Digital PR Award 2020 yang Digelar TRAS N CO Indonesia

RAKYATKU.COM,JAKARTA – Pola komunikasi sudah berubah. Era digital membuat pesan bisa menyebar cepat dan sesuai target. Sangat efektif.

TRAS N CO Indonesia mencoba melihat pemanfaatkan teknologi dalam komunikasi perusahaan. Termasuk perusahaan publik.

Perusahaan consulting terkemuka ini lalu melakukan penelitian  perkembangan brand & bisnis di Indonesia. Survei bertajuk "Top Digital PR Index". 

Dilakukan sepanjang September 2019 hingga Januari 2020. Seribu perusahaan jadi responden. Terdiri atas 105 kategori produk atau jasa dan 583 perusahaan publik dari 43 kategori industri. 

Metode penelitian ini menggunakan quantitative survey. Tehnik pengambilan data menggunakan desk research melalui tiga parameter penilaian. Ketiganya, yakni Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect, dan Digital Mention Aspect. 

Sementara penilaian untuk perusahaan publik berdasarkan tiga penilaian; Digital media Aspect, Digital Sentiment Aspect, dan Digital Awareness Aspect.

Tri Raharjo selaku Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia menjelaskan hasilnya. Dari 105 kategori produk atau jasa yang tersurvei, pihaknya menyaring TOP 5 Digital PR Index 2020.

Kategori “MOBIL” telah menempati urutan teratas dengan torehan index mencapai 13,04 persen. Diulas sebanyak 853.840 pemberitaan dalam setahun terakhir. 

Sementara berdasarkan pencarian di lima halaman search engine news, kategori ini memiliki persentase 97,38 persen berita positif. Hanya 2,62 persen berita negatif. 

Survei 1000 Perusahaan, Ini Daftar Peraih Top Digital PR Award 2020 yang Digelar TRAS N CO Indonesia

Tak heran kalau di media sosial, kategori ini juga memiliki banyak penggemar. Di Facebook, misalnya, mencapai 32.752.162 penggemar.

"Tentunya ini menjadi bukti keberhasilan atas kinerja positif dalam membangun reputasi brand, kredibilitas, serta kepercayaan publik. Terutama untuk kategori MOBIL," ungkap Tri Raharjo yang juga menjabat sebagai Chairman Indonesia Brand Network (IBN) saat konferensi pers pada malam penganugerahan "Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020" di Hotel Shangri-La, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Urutan kedua, ditempati kategori “MOTOR” dengan total index mencapai 11,87 persen. Memiliki 737.300 pemberitaan yang terdiri atas 99,14 persen berita positif dan 0,86 persen berita negatif. 

Sementara di media sosial, kategori ini memiliki 1.323.907 pengikut di Instagram. Lalu di peringkat ketiga ada kategori “BANK” yang sukses dengan torehan total index mencapai 7,13 persen dan 389.510 pemberitaan.

Urutan keempat dan kelima ditempati kategori "SMARTPHONE" dan "ONLINE TRANSPORTATION" dengan total index masing-masing 6,05 persen dan 3,57 persen. 

Sementara pemberitaan dalam setahun terakhir untuk masing-masing kategori ini adalah 236.110 dan 192.400 pemberitaan.

"Kedua kategori ini berhasil menorehkan 100 persen berita positif berdasarkan pencarian pada di lima halaman search engine," papar Tri.

loading...

Data itu menunjukkan perusahaan-perusahaan tersebut mampu memanfaatkan secara maksimal peran digital PR-nya. Terutama dalam membangun kepercayaan konsumen untuk dapat terus memacu pertumbuhan perusahaan di tengah era digitalisasi saat ini.

Peraih Top Digital Public Relations Award 2020

Untuk mengukur efektivitas Public Relations (PR) di era digital, media INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia untuk ketiga kalinya menyelenggarakan malam penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 di Hotel Shangri-La, Jakarta pada Jumat (28/2/2020). 

Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 adalah sebuah penghargaan yang didedikasikan khusus untuk perusahaan-perusahaan yang berhasil memanfaatkan Digital Public Relations dalam membangun komunikasi, menjalin engagement, dan membangun reputasi brand atau perusahaan di ranah digital. 

Berbeda dari tahun sebelumnya, penghargaan Top Digital Public Relations Award kali ini turut menghadirkan perusahaan publik. Mereka yang telah berhasil mambangun komunikasi, corporate awareness, dan reputasi perusahaan di mata publik.

Selain itu, penghargaan Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020 juga dikemas dengan acara seminar bertajuk “Public Relation in The Era of Artificial Intelligence”.

Pembicaranya, Dr N Nurlaela Arief, MBA selaku Director of Communication and Alumni Relations School of Business and Management (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menurutnya, dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, tentunya beberapa aktivitas Public Relations akan terancam oleh kehadiran Artificial Intelligence. 

Oleh karena itu, praktisi public relations harus memiliki kemampuan-kemampuan khusus sehingga dapat mengetahui sekaligus memprediksi sebuah peristiwa yang akan terjadi ke depannya.

"Artinya kompetisi public relations saat ini adalah mampu menganalisis data, menggandeng influencer, mengoptimalkan media sosial dan memiliki content creator yang menghasilkan konten menarik sehingga dapat diterima dengan mudah dan baik oleh publik," kata Lala, sapaan akrab Dr N Nurlaela Arief, MBA yang dikutip dari seminarnya.

Launching Annual Achievement Report

Dalam kesempatan yang sama, media INFOBRAND.ID juga sukses meluncurkan Annual Achievement Report 500 Brand Champions & Indonesia Corporate Brand Champions 2020. Isinya rangkuman atas keberhasilan brand-brand dalam meraih prestasi dan penghargaan bergengsi baik nasional maupun internasional sepanjang satu tahun terakhir. 

Editor In Chief INFOBRAND.ID, Panji Nurdiyan Syah menjelaskan, brand-brand yang masuk dalam Annual Achievement Report 500 Brand Champions & Indonesia Corporate Brand Champions tentunya unggul berdasarkan 3 aspek. Pertama, popularitas merek secara offline maupun online. Kedua, dominasi market share. Ketiga, keberhasilan menciptakan loyalitas konsumen.

Berikut para peraih Indonesia Top Digital Public Relations Award 2020:

GS Astra (Kategori Aki)
United Tractors (Kategori Alat Berat/Tractors)
KFC (Kategori Fast Food)
Dermaster (Kategori Klinik Kecantikan)
Pegadaian (Kategori Gadai)
BNI Syariah (Kategori Bank Syariah)
PT Telkom Indonesia Tbk (Kategori Infrastucture, Utilities and Transportation- telecommunication)
Confidence (Kategori Adult Diapers)
Sharp (Kategori TV, Mesin Cuci, dan Air Conditioner)
Kemudian GT Radial (Kategori Ban Mobil)
Kibif (Kategori Frozen Food)
Softex (Kategori Pembalut Wanita)
Asuransi Allianz (Kategori Asuransi)
Tekiro (Kategori Tools)
Sweety (Kategori Popok Bayi)
Vinilon (Kategori Pipa PVC)
McDonald’s (Kategori Fast Food)
Eagle (Kategori Footwear)
Komatsu (Kategori Alat Berat/Tractors)


 

Loading...
Loading...