Rabu, 26 Februari 2020 20:25 WITA

Usai PDIP dan PBB, Ini Partai yang Berpeluang Usung Tomy Satria-Andi Makkasau

Penulis: Rahmatullah
Editor: Nur Hidayat Said
Usai PDIP dan PBB, Ini Partai yang Berpeluang Usung Tomy Satria-Andi Makkasau
Tomy Satria Yulianto.

RAKYATKU.COM - Tomy Satria Yulianto mampu menunjukan kematangannya dalam berpolitik. Ketua DPD NasDem Bulukumba itu bahkan telah mengantongi dua rekomendasi partai dengan perolehan empat kursi secara keseluruhan.

Publik Bulukumba yang selama ini bertanya-tanya kekuatan Tomy Satria dalam merangkul partai politik, terjawab setelah Megawati Soekarno Putri menyerahkan rekomendasi PDIP serta Sekjen DPP PBB Afriansyah Noor menyusul menyerahkan rekomendasi.

Pasangan Tomy Satria-Andi Makkasau kini adalah satunya-satunya bakal calon yang telah mengantongi rekomendasi dua partai, PDIP dan PBB. Bahkan rekomendasi partai berikutnya segera dimiliki oleh pasangan Kacamatayyamo pada Pilkada Bulukumba 2020.

Diakui oleh DPC PBB Bulukumba, Tomy Satria adalah bakal calon bupati yang dinilai telah menentukan pasangan wakilnya. PBB bahkan meyakini Tomy Satria-Andi Makkasau sangat mampu mencukupkan koalisi partai pengusung.

"Beliau sudah ada wakilnya. Sudah ada partai pengusung, yakni PDI Perjuangan dan saat ini sementara membangun komunikasi yang intensif dengan partai lainnya. Itu yang pertama," kata Syafiuddin, Ketua DPC PBB Bulukumba, Rabu (26/2/2020).

PBB tidak serta merta mengeluarkan rekomendasi tanpa memperhatian dinamika politik dan komunikasi lintas partai di tingkat pusat. Sehingga, keputusan untuk mengusung Tomy Satria-Andi Makkasau sudah final dan yakin memenuhi syarat koalisi.

Selain itu, sejauh pengamatan PBB, Tomy Satria adalah kandidat calon bupati yang memiliki kekuatan elektoral bisa memenangkan pertarungan di Pilkada Bulukumba. Hal ini berdasarkan penjajakan yang dilakukan di internal PBB dengan membandingkan dengan hasil riset sejumlah lembaga survei kredibel.

loading...

"Tidak mungkin kita usung kalau kita tidak yakin menang. Ini terbukti dari hasil survei yang terus memenangkan beliau," kata Syafiuddin.

Menurut dia, penjabaran survei yang mengukur orang secara pendekatan metode ilmiah, menang atau kalah. Oleh karena itu, hasil metodologi ilmiah itu dijadikan PBB sebagai pertimbangan mendukung Tomy Satria.

Perihal koalisi partai untuk mencukupkan syarat minimal kursi untuk mengusung pasangan calon, Syafiddun sangat yakin Tomy Satria bisa mencukupi. Apalagi melihat sinyal dukungan komunikasi intensif dengan partai koalisi lainnya.

"PBB tahu kualitas Tomy Satria untuk memenangkan Pilkada Bulukumba, dan membawa Kabupaten Bulukumba jauh lebih baik ke depan," tuturnya.

Tugas selanjutnya Tomy Satria adalah mencukupkan koalisi menjadi delapan kursi. Namun Tomy Satria tidak terlalu mengkhawatirkan hal itu, pasalnya dia dikabarkan telah diusul sejumlah pertai seperti PKB, Hanura, Golkar, dan Gerindra.

Loading...
Loading...