Rabu, 26 Februari 2020 04:00 WITA

Dengar Suara Aneh dari Balok Es yang Dibuang ke Lubang Antartika

Editor: Fathul Khair Akmal
Dengar Suara Aneh dari Balok Es yang Dibuang ke Lubang Antartika

RAKYATKU.COM - Ahli Geokimia Isotop John Andrew Higgins merekam suara aneh ketika balok es dilemparkan ke dalam lubang bor di Antartika.

Dalam akun twitternya, Higgins merekam suara fantastis yang dilemparkan pada lubang bor sepanjang 137 meter atau setara dengan 450 kaki.

Menurut Media Scientist Alert, suara tersebut terdengar sangat berbeda dengan benda jatuh ke lubang pada umumnya. Hal ini pun ditanggapi oleh ahli glasiologi Peter Neff yang sebelumnya pernah mencoba melempar es ke lubang bor yang panjang pada rekamannya tahun 2018 lalu.

Saat itu Neff mencatat sepotong es yang jatuh ke lubang 90 meter atau setara dengan 295 kaki. Akhirnya video tersebut menjadi viral.

“Hal pertama yang Anda dengar ketika es jatuh adalah suara berubah,” ujar Neff.

Menurutnya, ada dua faktor yang kemungkinan berperan, yaitu efek doppler dan cara gelombang suara bergerak di seluruh lubang.

“Itu efek doppler,” ujarnya.

loading...

Selain itu, ia membuat permisalan efek doppler seperti sebuah mobil yang terdengar berbeda ketija bergerak menjauh. Hal itu disebabkan oleh gelombang suara dari sumber yang bergerak menghasilkan frekuensi yang berubah.

“Lalu ketika es menyentuh permukaan lubang bor, suara tidak hanya naik lurus, gelombang suara mulai memantul dari sisi lubang,” kata Neff.

“Itu sebabnya Anda mendengar suara ‘pew!’ dengan semacam detak jantung setelahnya.” ujarnya.

Dengan hal tersebut, diharapkan menjadi pengingat bawa para ilmuwan sudah temukan penjelasan suara es yang dilemparkan lubang yang sangat dalam.

Loading...
Loading...