Minggu, 23 Februari 2020 10:22 WITA

Manusia Bisa Hidup Hingga 400 Tahun, Kuncinya Ada Pada Ikan yang Bisa Hidup di Luar Air

Editor: Suriawati
Manusia Bisa Hidup Hingga 400 Tahun, Kuncinya Ada Pada Ikan yang Bisa Hidup di Luar Air
INT

RAKYATKU.COM - Seekor ikan yang dapat menghentikan proses penuaan dan bertahan hidup selama bertahun-tahun di luar air, dapat membantu manusia menjadi awet muda.

Ikan yang dimaksud adalah killifish pirus Afrika. Ikan ini dapat menempatkan diri dalam keadaan mati suri sebagai embrio, proses yang dikenal sebagai diapause. Tren ini diperkirakan muncul sebagai respons terhadap perubahan musiman di lingkungan mereka.

Para ilmuwan di Stanford University dan Stowers Institute for Medical Research di AS sekarang ingin mengetahui bagaimana mereka melakukannya.

Mereka percaya itu bisa membantu manusia mencegah penuaan atau bahkan hibernasi, yang mungkin diperlukan pada ekspedisi ruang angkasa di masa depan.

Sebuah studi tentang DNA mereka menunjukkan bahwa selama diapause, gen yang memicu pergantian sel menurun, sementara mereka yang terlibat dalam pemeliharaan otot menjadi lebih aktif.

Sebagian dari ini tampaknya turun ke peningkatan produksi protein yang disebut CBX7.

loading...

“Killifish hidup di kolam sementara yang hanya ada selama musim hujan dan sepenuhnya kering selama musim kemarau," kata para peneliti dalam jurnal Science.

“Untuk bertahan dari kekeringan yang panjang dan memungkinkan pelestarian spesies, embrio killfish Afrika memasuki diapause."

“Meskipun fitur diapause telah dijelaskan pada spesies killifish, mekanisme diapause untuk melindungi organisme tetap tidak diketahui."

Embrio Killifish dapat menahan pertumbuhannya dari lima bulan hingga dua tahun, menyamai atau bahkan jauh melebihi rentang usia dewasa mereka.

Jika manusia dapat melakukan hal yang serupa, seseorang yang berusia 80 tahun mungkin malah memiliki rentang hidup dari 160 hingga lebih dari 400 tahun.

Loading...
Loading...