Minggu, 23 Februari 2020 09:38 WITA

Unik, Lihat Cara Tomy Satria Memilih Durian Matang dan Manis

Penulis: Rahmatullah
Editor: Nur Hidayat Said
Unik, Lihat Cara Tomy Satria Memilih Durian Matang dan Manis
Tomy Satria Yulianto memperlihatkan cara jitu memilih durian.

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Di Sulawesi Selatan, durian adalah salah satu buah yang menjadi primadona. Bahkan dinanti-nanti setiap musimnya tiba.

Dengan buah yang berbau menyengat ini, silaturahmi terjalin. Itu terbukti, dengan banyaknya yang meminta untuk diajak makan durian.

Ternyata, untuk menentukan buah tropis sudah matang atau belum, ada beberpa cara. Seperti yang dilakukan oleh Tomy Satria Yulianto.

Wakil Bupati Bulukumba ini memang menyukai buah berduri itu. Bahkan rela duduk berlama-lama jika di depannya tersaji buah durian.

Menikmati akhir pekannya, Sabtu (22/2/2020), Tomy Satria mengunjungi pasar buah di Bulukumba yang memang telah lama dikenal meliki durian dengan rasa yang manis dan lezat.

Tomy Satria kali ini mengajak untuk jalan-jalan sembari makan durian di Desa Balampesoang, Kecamatan Bulukumpa. Daerah ini terletak di batas Bulukumba dan Kabupaten Sinjai.

Saat tiba di sana, dia memperlihatkan cara memilih durian matang. Yang pertama adalah, dengan mengeruk-ngeruk durian dengan menggunakan kuku pada jempolnya, Tomy Satria mengeruk kulit durian yang penuh duri. Anda tidak perlu khawatir, karena takut terluka.

loading...

Dengan mengeruk durian, akan mengekuarkan bunyi yang khas. Durian matang biasanya memiliki bunyi 'ngebas' atau 'mendem'. Namun jika bunyinya nyaring atau kencang ketika dikeruk, artinya belum matang.

Tips berikutnya yang diperkihatkan Tomy Satria adalah, memilih durian yang berbentuk bulat. Umumnya, durian yang berbentuk bulat memiliki daging yang berwarna kuning dan lebih matang dibandingkan yang berbentuk lonjong. Durian dengan bentuk lonjong memiliki lebih daging lebih sedikit.

Selanjutnya, memeriksa tangkai durian. Ternyata kata Wabup Bulukumba itu, tangkai juga bisa menjadi petunjuk durian sudah matang, atau tidak. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa daging buah tersebut tebal dan banyak. Hal sebaliknya jika tangkainya ramping dan panjang bisa pertanda daging tersebut sedikit dan tidak terlalu tebal.

Namun dari trik di atas, yang paling umum adalah mencium aroma durian. Dengan mencium aroma durian bisa menjadi trik memilih durian yang enak. Aroma yang harum biasanya memiliki daging yang kuning dan manis. Cara ini banyak dipakai oleh banyak orang saat memilih durian. Anda cukup angkat durian, lalu dekatkan ke hidung Anda, maka aroma harum bisa tercium tanpa harus menyayatnya.

Namun, meski hati-hati. Jangan sampai duri durian mengoyak hidung Anda jika terlalu menikmati hirupan bau durian.

Loading...
Loading...