Minggu, 23 Februari 2020 03:30 WITA

Video Rap "A Girl from Makkah" Jadi Viral, Gubernur Minta Pelakunya Diproses Hukum

Editor: Abu Asyraf
Video Rap
Cuplikan video A Girl from Makkah

RAKYATKU.COM - Sebuah video rap tentang perempuan kota suci Mekah telah memicu protes kerajaan.

Video itu dianggap ofensif. Kerajaan mendorong langkah-langkah hukum dari pihak berwenang terhadap pelakunya.

"Bint Makkah" atau "A Girl from Makkah" menampilkan penyanyi wanita berjilbab di dalam kedai kopi sambil memuji karakteristik wanita kota suci itu. Anak perempuan dan laki-laki terlihat menari dalam video.

"Saya seorang gadis yang baik dari Mekah yang pantas kerja keras. Dalam masa-masa sulit, dia tidak mundur. Dia menopang bagian belakang," lirik lagu kontroversial itu.

Para pencela mengecam video itu. Mereka mengatakan bahwa itu tidak mewakili perempuan Saudi dan menyinggung status suci Mekah, rumah bagi situs paling suci Islam. 

Mereka juga telah membuat tagar berbahasa Arab trending berjudul #You_Are _Not_Makkah_Girls.

Sebagai tanggapan, pihak berwenang Mekah mengatakan bahwa Pangeran Khalid Al Faisal memerintahkan mereka yang terlibat dalam pembuatan video tersebut dituntut. 

"Video itu menyinggung adat dan tradisi masyarakat Mekah dan bertentangan dengan identitas dan tradisi mereka yang mulia," kata pemerintah kota itu dalam sebuah pernyataan.

Beberapa laporan mengatakan rapper itu bukan seorang wanita Saudi, tetapi seorang penduduk Mekah. 

Kritik online lainnya mengatakan dia adalah warga negara Saudi asal Afrika. Namun, banyak orang lain menyebut bahwa pernyataan itu bernada rasis.

Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi telah mengambil beberapa langkah untuk memberdayakan perempuan. Termasuk mencabut larangan mengemudi perempuan selama beberapa dekade, sebagai bagian dari perubahan sosial yang dramatis di negara itu.

Loading...
Loading...

Berita Terkait