Sabtu, 22 Februari 2020 04:30 WITA

Naik Pesawat dan Mobil Antirudal, Ini Daftar Fasilitas Keamanan Canggih yang Iringi Trump ke India

Editor: Abu Asyraf
Naik Pesawat dan Mobil Antirudal, Ini Daftar Fasilitas Keamanan Canggih yang Iringi Trump ke India
Pengawal Presiden AS, Donald Trump

RAKYATKU.COM - Sering bikin pernyataan kontroversial, Presiden AS Donald Trump tidak tenang ke mana-mana. Pasukan keamanan internal dibuat sangat sibuk.
 
Seperti dalam rencana kunjungan Trump ke India. Super ketat. Pasukan pengawal presiden sudah tiba di India sepekan sebelumnya. Sejumlah peralatan keamanan juga sudah disiapkan.

Sebenarnya bukan hanya Trump. Pada musim semi 2015, Lutyens Delhi juga diubah menjadi benteng virtual selama kunjungan Presiden Amerika Serikat saat itu, Barack Obama. 

Skenario yang sama akan dilakukan di kota Ahmedabad, India barat, dan ibu kota nasional New Delhi untuk kunjungan Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump. Keduanya berkunjung pada 24-25 Februari. 

Baik Ahmedabad dan New Delhi akan dikunci selama tur 36 jam Trump di India. Termasuk Taj Mahal di Agra yang juga akan dikunjungi Trump.

Dikutip dari Gulf News, tim pendahulu dari Dinas Rahasia AS telah tiba di Ahmedabad sejak pekan lalu. Mereka mengerjakan perincian keamanan presiden yang lebih baik. Berkoordinasi dengan polisi negara bagian Gujarat dan agen-agen Pusat. 

Kendaraan lapis baja yang merupakan bagian dari iring-iringan presiden AS sudah tiba di Bandara Internasional Sardar Vallabhbhai Patel, Ahmedabad, Senin lalu. Diangkut dengan pesawat C-17 Globemaster. 

Empat pesawat Globemaster lagi yang membawa lebih banyak peralatan pertahanan dan intelijen. Mulai kamera mata-mata, jammers radio, peralatan keselamatan kebakaran, dan unit penembak jitu akan mencapai Ahmedabad pada hari Sabtu.

Tujuh pesawat dari Angkatan Udara AS akan menemani Trump. Membawa berton-ton kargo yang terdiri atas peralatan dan personel pada 24 Februari.

Sementara personel Dinas Rahasia AS akan membentuk cincin terdalam di sekitar Trump, pasukan komando elite India Chetak, anggota badan intelijen negara bagian dan pusat. 

loading...

Khusus Grup Perlindungan, komando Garda Keamanan Nasional dan personel polisi setempat akan membentuk lingkaran luar dari aparat keamanan berlapis-lapis. Mereka terdiri atas pria dan mesin untuk memastikan tidak dapat ditembus bagi presiden AS.

Tanda panggilan Angkatan Udara yang ditunjuk untuk pesawat adalah VC-25A. Ini adalah pesawat komersial Boeing 747-200B yang dibuat khusus dan dimodifikasi untuk membuat Gedung Putih di langit!

Mesin terbang yang menakjubkan ini adalah pesawat resmi yang digunakan presiden untuk semua perjalanannya di dalam maupun di luar Amerika Serikat. 

Selain memberikan semua dukungan logistik yang diperlukan bahwa presiden perlu melaksanakan tugasnya saat dalam perjalanan, pesawat buatan ini dilengkapi dengan perisai api yang dapat mencegah rudal dan roket penginderaan panas dan mampu meluncurkan nuklir perang. 

Air Force One memiliki ruang terpasang total sekitar 4.000 kaki persegi yang mencakup suite untuk presiden, area terpisah untuk anggota media, ruang makan, dan bahkan ruang operasi untuk presiden.

Dua limusin Cadillac yang dirancang khusus dan identik dengan nomor plat nomor 800-002 mengantarkan presiden AS kapan pun dan di mana pun ia bepergian. 

Kendaraan ini diterbangkan dengan pesawat Globemaster raksasa ke semua lokasi di luar negeri saat presiden bepergian. Pelat tubuh berlapis baja, pelindung jendela anti peluru dan kaca depan dan belakang, kulkas berisi sampel darah presiden hanyalah beberapa contoh yang menjadikan The Beast sebagai raksasa keamanan yang tidak dapat diatasi. 

The Beast memiliki kamera penglihatan malam dan bahkan peluncur granat untuk melawan setiap ancaman keamanan yang mungkin terjadi.

Loading...
Loading...