Sabtu, 22 Februari 2020 01:00 WITA

Pasien Ini Dioperasi untuk Angka Tumor Otaknya Sambil Main Biola, Ini Alasannya

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pasien Ini Dioperasi untuk Angka Tumor Otaknya Sambil Main Biola, Ini Alasannya

RAKYATKU.COM - Seorang pasien di rumah sakit Inggris memainkan lagu Mahler dan Gershwin pada biolanya saat tumor diangkat dari otaknya. Sehingga ahli bedah dapat mempertahankan kemampuannya untuk memainkan musik dan hasratnya selama 40 tahun untuk instrumen tersebut.

Pasien bernama Dagmar Turner itu adalah mantan konsultan manajemen dari Isle of Wight. Dia memainkan biolanya selama operasi untuk mengangkat tumor dari lobus frontal kanan otaknya. Dekat dengan area yang mengontrol gerakan halus tangan kirinya, dikutip dari Asia One, Sabtu (22/2/2020).

Untuk mencegah kerusakan pada kemampuan biolanya, Profesor Keyoumars Ashkan, Konsultan Ahli Bedah Saraf di Rumah Sakit King's College, membuat rencana. Mereka akan memetakan otaknya, membuka tengkorak, dan kemudian membuatnya bermain ketika mereka mengangkat tumor.

Sementara ahli bedah memotong sebagian otaknya, Turner memainkan musik oleh Gustav Mahler, Summertime klasik jazz George Gershwin dan karya-karya penulis lagu dan penyanyi Spanyol Julio Iglesias.

loading...

"Ini adalah pertama kalinya aku punya pasien memainkan alat musik," kata Ashkan. "Kami berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor, termasuk semua area yang mencurigakan aktivitas agresif, sambil mempertahankan fungsi penuh di tangan kirinya."

Turner berterima kasih kepada para ahli bedah.

"Biola adalah hasrat saya; saya sudah bermain sejak saya berusia 10 tahun," katanya. "Pikiran kehilangan kemampuan saya untuk bermain sangat memilukan."

Loading...
Loading...