Selasa, 18 Februari 2020 20:28 WITA

Pasukan Kurdi Percaya ISIS Masih Punya Pasukan Besar

Editor: Andi Chaerul Fadli
Pasukan Kurdi Percaya ISIS Masih Punya Pasukan Besar

RAKYATKU.COM - ISIS memiliki dua kali lipat jumlah pasukan yang ketika mulai merebut wilayah di Irak dan Suriah pada 2014. Dan siap untuk kembali, kata seorang pemimpin Kurdi.

Masrour Barzani, perdana menteri wilayah otonomi Kurdistan Irak, mengeluarkan peringatan keras di tengah langkah-langkah Presiden Trump untuk menarik pasukan AS dari wilayah itu setelah bertahun-tahun pertempuran, dikutip dari Daily Mail, Selasa (18/2/2020).

Sementara ISIS telah kehilangan semua wilayahnya dan sebagian besar kepemimpinannya, Barzani percaya kelompok teror itu masih memiliki 20.000 pejuang di Irak dan Suriah dan sedang berusaha merekrut lebih banyak.

Angka itu dua kali lipat dari perkiraan awal AS tentang kekuatan ISIS ketika mulai menguasai wilayah di seluruh Irak dan Suriah pada 2014, memicu krisis internasional.

Estimasi CIA yang direvisi menyebutkan angka itu menjadi 31.000, sementara penasihat keamanan Irak memperkirakan memiliki 100.000 pejuang saat mengumumkan pembentukan 'kekhalifahan' pada Juli tahun itu.

loading...

Namun demikian, Barzani memperingatkan bahwa ISIS modern masih merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan dan 'tidak boleh dianggap enteng.'

Berbicara kepada Atlantik , dia berkata: 'ISIS masih sangat utuh. Ya, mereka kehilangan banyak kepemimpinan. Mereka kehilangan banyak orang yang cakap. 

"Tapi mereka juga berhasil mendapatkan lebih banyak pengalaman dan merekrut lebih banyak orang di sekitar mereka."

ISIS meluncurkan serangan cepat kilat di seluruh Irak dan Suriah pada tahun 2014, menangkap sejumlah besar wilayah yang membentang dari Aleppo ke pinggiran Baghdad.

Tags
Loading...
Loading...