Sabtu, 15 Februari 2020 22:31 WITA

Mau Praktikkan Petunjuk Pramugari, Alasan Penumpang Buka Jendela Darurat Jelang Take Off

Editor: Abu Asyraf
Mau Praktikkan Petunjuk Pramugari, Alasan Penumpang Buka Jendela Darurat Jelang Take Off
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Insiden ini bisa jadi pelajaran berharga. Petunjuk keselamatan penerbangan tidak hanya disosialisasikan jelang take off.

Tidak mungkin penumpang bisa langsung mempraktikkan petunjuk yang diperagakan awak kabin. Apalagi bagi orang yang baru pertama kali naik pesawat.

Begitulah yang terjadi pada pesawat Wings Air rute Bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Robert Atty Bessing di Kabupaten Malinau. 

Seorang penumpang pria kebetulan duduk di kursi dekat jendela darurat. Kursi 1F. Pria berinisial PMP itu menyimak dengan seksama petunjuk keselamatan yang disampaikan pramugari.

"Pesawat dilengkapi dengan pintu dan jendela darurat. Dua di kabin bagian depan, dua di kabin bagian tengah, dan dua di kabin bagian belakang," begitu antara lain pengumuman pramugari.

"Apabila Anda keluar melalui jendela darurat, kembangkan baju pelampung saat berada di luar pesawat," lanjutnya.

Mendengar pengumuman itu, PMP penasaran. Dia yang bertanggung jawab di dekat jendela darurat merasa harus mengetahui cara membuka jendela itu saat terjadi kondisi darurat.

loading...

Pada Minggu (8/2/2020) itu, pesawat masih berada di Bandara Sepinggan Balikpapan. Pesawat dengan nomor penerbanga IW-1478 itu sementara bersiap untuk take off. 

Tiba-tiba PMP membuka jendela darurat usai pramugari memberi simulasi atau arahan jika pesawat dalam bahaya. 

"Dia bilang penasaran setelah dengar arahan dari pramugari dan baca buku petunjuk. Setelah itu, dia langsung buka jendela itu," ungkap Kapolresta Balikpapan, Kombes Turmudi.

"Pelaku ingin mempraktikkan arahan yang baru disampaikan pramugari. Karena yang bersangkutan dekat jendela darurat, jadi tugasnya buka jendela, jika pesawat dalam kondisi emergency," lanjut Turmudi.

Saat jendela darurat terbuka, lampu indikator menyala. Awak pesawat langsung mendatanginya. Seketika pesawat ditunda keberangkatannya. Semua penumpang diminta turun dari pesawat kembali ke ruang tunggu penumpang di Bandara Sepinggan Balikpapan. 

Penumpang diterbangkan ke Malinau beberapa jam setelahnya. Sementara PMP diamankan Otoritas Bandara Sepinggan. 

Loading...
Loading...