Jumat, 14 Februari 2020 20:32 WITA

Cangkang Kura-kura Seukuran Mobil Ditemukan di Amerika Selatan

Editor: Andi Chaerul Fadli
Cangkang Kura-kura Seukuran Mobil Ditemukan di Amerika Selatan

RAKYATKU.COM - Sisa-sisa fosil cangkang kura-kura raksasa telah ditemukan di Amerika Selatan. Para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa itu adalah spesies penyu terbesar yang pernah hidup.

Beratnya lebih dari satu ton dan berkeliaran di perairan Kolombia modern 10 juta tahun yang lalu, dikutip dari Metro, Jumat (14/2/2020). Dinamakan Stupendemys geographicus dan dua kali lebih besar dari kura-kura terbesar yang masih hidup saat ini.

Bahkan mungkin telah mempersenjatai cangkangnya yang panjangnya delapan kaki dalam pertempuran sampai mati dengan saingannya. 

Stupendemys digali di kuburan hewan yang dikenal sebagai situs arkeologi La Venta di Gurun Tatacoa, Kolombia. Binatang buas itu digambarkan berdasarkan analisis beberapa spesimen kulit baru dan rahang bawah.

loading...

Penulis utama Profesor Edwin Cadena berkata, “Hewan yang sekarang punah adalah penyu darat terbesar sepanjang masa. Sisa-sisa termasuk cangkang kura-kura lengkap terbesar yang pernah diidentifikasi."

"Karapas yang sangat besar itu memiliki panjang 2,4 meter (8ft) dan mungkin menampung 1.145 kilogram penyu. Ini hampir 100 kali ukuran kerabat terdekatnya, kura-kura sungai Amazon, Peltocephalus dumerilianus, dan dua kali lipat dari kura-kura terbesar saat ini, penyu belimbing Dermochelys coriacea."

Temuan ini secara signifikan memperluas jangkauan Stupendemys yang dikenal berkeliaran di sekitar Amerika Selatan bagian utara selama Miosen akhir. Mereka juga mengindikasikan bahwa itu adalah satu-satunya spesies raksasa di Neotropik utara. 

Loading...
Loading...