Jumat, 14 Februari 2020 20:02 WITA

Perubahan Iklim, Sepertiga Spesies Hewan dan Tanaman di Bumi Bisa Punah dalam 50 Tahun

Editor: Andi Chaerul Fadli
Perubahan Iklim, Sepertiga Spesies Hewan dan Tanaman di Bumi Bisa Punah dalam 50 Tahun

RAKYATKU.COM - Perubahan iklim dapat menghilangkan sepertiga dari semua spesies tanaman dan hewan di Bumi dalam waktu setengah abad, para ilmuwan telah memperingatkan. 

Dalam sebuah studi baru, peneliti Universitas Arizona menganalisis data kepunahan baru-baru ini. Dan membandingkannya dengan prediksi cuaca selama 50 tahun ke depan, dikutip dari Metro, Jumat (14/2/2020). 

Cristian Román-Palacios dan John J Wiens dari departemen ekologi dan biologi evolusi universitas mensurvei data dari 538 spesies dan 581 situs di seluruh dunia. 

Mereka menemukan bahwa 44% dari 538 spesies telah punah di satu atau lebih situs. "Dengan menganalisis perubahan dalam 19 variabel iklim di setiap situs, kita dapat menentukan variabel mana yang mendorong kepunahan lokal dan berapa banyak perubahan yang bisa ditoleransi populasi tanpa punah," kata Román-Palacios. 

loading...

“Kami juga memperkirakan seberapa cepat populasi dapat bergerak untuk mencoba dan menghindari kenaikan suhu. Ketika kami mengumpulkan semua informasi ini untuk setiap spesies, kami dapat menghasilkan perkiraan terperinci tingkat kepunahan global untuk ratusan spesies tanaman dan hewan."

Studi ini mengidentifikasi suhu tahunan maksimum sebagai bagian penting dari informasi yang 'paling menjelaskan apakah suatu populasi akan punah'. 

Para peneliti menemukan bahwa banyak spesies mampu mentolerir beberapa peningkatan suhu maksimum. Tetapi hanya sampai pada titik tertentu.

Loading...
Loading...