Kamis, 13 Februari 2020 16:06 WITA

Sensus Penduduk Dimulai, Pemkot Parepare Minta BPS Cermati Integrasi Data

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Nur Hidayat Said
Sensus Penduduk Dimulai, Pemkot Parepare Minta BPS Cermati Integrasi Data

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wakil Wali Kota Parepare, Pangerang Rahim, meminta kepada Badan Pusat Statistik (BPS) mencermati integrasi data dalam Pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020.

Pangerang menjelaskan, BPS merupakan pelopor data statistik terpercaya yang mampu menunjukkan profesionalismenya sebagai lembaga terpercaya dan akuntabel dalam penyediaan data statistik. BPS mesti menjadi instansi vertikal yang independen, tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun.

"Kita sadari, peran dan fungsi data dalam perencanaan pembangunan merupakan hal penting sebagai dasar menentukan kebijakan, sekaligus sebagai alat untuk melakukan evaluasi terhadap hasil perencanaan yang telah dilaksanakan," kata Pangerang, Kamis (13/2/2020).

"Data dan statistik yang berkualitas merupakan rujukan bagi upaya perumusan kebijakan dalam menyusun perencanaan, penetapan perencanaan, melakukan monitoring dan melakukan evaluasi program dan sasaran yang telah ditetapkan," ucapnya.

Menurut Pangerang, dengan adanya satu data pembangunan maka pemerintah akan memiliki satu basis data pembangunan yang akurat, terpusat, dan terintegrasi.

loading...

"Selain itu juga akan menghasilkan analisis kebijakan pembangunan yang tepat, aktual, bermutu, dan akuntabel di semua tingkatan pemerintahan dan pemangku kepentingan," terangnya.

Dia menambahkan, pembangunan yang dilaksanakan saat ini mesti senantiasa berbasis pada data statistik valid, sehingga dapat mendukung kesuksesan pembangunan daerah.

"Saya meminta agar setiap SKPD di lingkup pemerintah Kota Parepare terus memperbarui data-data terbaru di wilayah kerjanya, sehingga memudahkan arah dan sasaran program pembangunan di setiap tahunnya," tuturnya.

Loading...
Loading...