Selasa, 11 Februari 2020 23:25 WITA

Astronom Terima Sinyal Radio dari Galaksi Asing

Editor: Andi Chaerul Fadli
Astronom Terima Sinyal Radio dari Galaksi Asing

RAKYATKU.COM - Para astronom telah mendeteksi sinyal alien dari galaksi asing. Sinyal itu dipancarkan dalam siklus 16 hari yang luar biasa teratur.

Fast radio bursts (FRBs) itu bukan yang pertama. Sebelumnya sudah ada pada tahun 2007. Tetapi pengamatan sebelumnya menunjukkan bahwa mereka sebagian besar dipancarkan secara acak.

Sementara ada beberapa semburan yang berulang, seperti yang ditemukan para astronom sebelumnya. Mereka tidak pernah terlihat berulang dalam siklus yang stabil.

Asal usul FRB belum ditetapkan, meskipun teori-teori dominan tentang mereka menyarankan sinyal dihasilkan oleh benda-benda yang berputar dengan cepat seperti bintang neutron atau lubang hitam.

loading...

Para peneliti yang mempelajari data dari teleskop radio yang digunakan oleh Eksperimen Pemetaan Intensitas Hidrogen Kanada (CHIME) menemukan sinyal FRB tiba di Bumi hingga dua kali satu jam selama empat hari sebelum tiba-tiba berhenti, hanya untuk memulai lagi dua belas hari kemudian.

Asalnya terletak di dalam galaksi spiral berukuran sedang sekitar 500 juta tahun cahaya, menjadikannya FRB terdekat yang ditemukan hingga saat ini.

Para peneliti mengamati siklusnya selama total 409 hari dan percaya bahwa itu dapat dikaitkan dengan objek yang dipancarkan terkunci dalam orbit yang berlangsung 16 hari.

Tags
Loading...
Loading...