Rabu, 12 Februari 2020 06:00 WITA

PBB Kembangkan Kota Apung, Cetak Birunya Sudah Rampung

Editor: Andi Chaerul Fadli
PBB Kembangkan Kota Apung, Cetak Birunya Sudah Rampung

RAKYATKU.COM - Cetak biru untuk menciptakan kota terapung pertama di planet ini dapat menjadi kenyataan dalam dekade berikutnya. Ketika para ilmuwan meningkatkan upaya untuk melindungi masyarakat yang terancam oleh naiknya permukaan air laut. 

PBB mempelopori proyek revolusioner ini, yang akan melihat platform apung mandiri berlabuh ke dasar laut di mana rumah dapat dibangun, dikutip dari Daily Mail, Rabu (12/2/2020).

Masing-masing akan cukup kokoh untuk menampung puluhan ribu orang sambil juga membanggakan fitur-fitur khas kota seperti alun-alun dan pasar umum.

Ketika rencana itu diluncurkan tahun lalu, ia menjadi berita utama karena skala ambisinya, tetapi minggu ini tokoh senior menghembuskan kehidupan baru ke dalam gagasan dengan berspekulasi jadwal 10 tahun untuk kota terapung pertama yang bisa dicapai.

Wakil direktur UN-Habitat, Victor Kisob mengatakan, "Kota-kota terapung terdengar seperti ide gila. Tetapi mereka dapat mengarah pada segala macam kemungkinan jika dilakukan dengan cara yang benar."

Dia menambahkan: "Langkah selanjutnya adalah merancang prototipe dengan mitra dari sektor swasta yang dapat dicoba dan diuji."  

Sembilan puluh persen dari kota-kota terbesar di dunia rentan terhadap perendaman saat gletser mencair dan lautan naik di planet yang memanas.  

loading...

UN-Habitat, yang bekerja pada pengembangan perkotaan berkelanjutan, telah bekerja sama dengan perusahaan swasta Oceanix, Massachusetts Institute of Technology dan The Explorers Club, sebuah masyarakat profesional, untuk memajukan konsep tersebut.

Para ilmuwan juga merencakan rencana untuk mengisolasi kota-kota ini, yang akan berlokasi kira-kira satu kilometer dari daratan di perairan dangkal, dari dilumpuhkan oleh cuaca yang aneh.

Marc Collins Chen, chief operating officer Oceanix, mengatakan hari ini di World Urban Forum di Abu Dhabi: 'Saya sering ditanya apakah pemukiman ini akan kuat terhadap tsunami, badai dan ekstremitas cuaca buruk lainnya.

'Kami bekerja sama dengan Pusat Rekayasa Kelautan MIT untuk melihat bagaimana struktur modular ini dapat menopang kondisi cuaca kategori lima.' 

Konsep kota terapung dimasukkan ke dalam paket yang lebih luas untuk mengembangkan kota yang berkelanjutan, yang merupakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) UN-Habitat yang diharapkan dapat dipenuhi pada tahun 2030.

Tags
Loading...
Loading...