Senin, 10 Februari 2020 18:47 WITA

Penny Challenge di TikTok Mulai Makan Korban di Amerika Serikat

Editor: Andi Chaerul Fadli
Penny Challenge di TikTok Mulai Makan Korban di Amerika Serikat

RAKYATKU.COM - Para remaja di Amerika Serikat telah diperingatkan untuk tidak meniru aksi viral 'Penny Challenge'. Sebab tantangan itu bisa membuat pelakunya tersengat listrik dan menyebabkan kebakaran. 

Tantangan itu telah dibagikan secara luas di TikTok. Caranya, pelakunya yang umumnya remaja memasukkan bagian charger ke stop kontak lalu menyelipkan koin untuk mendapatkan percikan api.

Namun seorang kepala pemadam kebakaran senior mengecam tantangan itu. Dia memperingatkan itu bisa memicu kobaran api yang mematikan.

Satu kasus di AS, melihat petugas pemadam kebakaran bergegas ke sebuah sekolah ketika aksi itu salah dan menyebabkan kebakaran.

Michael Clusker, seorang manajer stasiun di Carlisle, Cumbria, mengatakan bahwa remaja yang mencoba tantangan harus lebih bertanggung jawab.

"Hasil dari ini adalah seseorang akan terluka parah. Setiap tahun ada jumlah orang yang terbunuh oleh kejutan listrik. Itu bisa membunuhmu kalau itu benar," kata dia.

loading...

"Apa pun yang mengganggu peralatan listrik - kecuali jika Anda ahli listrik yang berkualitas - sangat berbahaya."

Dia menambahkan: "Saya pikir media sosial adalah masalah, memberi orang ide yang mungkin tidak ideal. Orang harus bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

"Dalam 25 tahun saya di pekerjaan, saya telah melihat konsekuensi dari orang-orang yang melampaui batas ketika datang untuk pamer.

"Kami akan mendorong orang untuk tidak meniru atau menyalin beberapa akrobat sembrono yang biasanya dilihat di media sosial.

"Ketika layanan darurat menghadiri insiden-insiden ini, ia mengambil sumber daya vital yang harus tersedia untuk keadaan darurat lainnya. Orang-orang mengambil risiko. Beberapa di dalam kendaraan, mengemudi dengan sembrono. Anda bisa mendapatkan hasil yang sama dengan seseorang yang mengacaukan sakelar."

Loading...
Loading...