Sabtu, 08 Februari 2020 23:45 WITA

Didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap Dobrak Tradisi pada Kongres PAN

Editor: Abu Asyraf
Didukung Amien Rais, Mulfachri Harahap Dobrak Tradisi pada Kongres PAN
Mulfachri Harahap

RAKYATKU.COM - Kongres PAN akan membuktikan loyalitas kader kepada Amien Rais. Pendiri partai berlambang matahari terbit itu sudah terang-terangan mendukung salah satu kandidat.

Dia adalah Mulfachri Harahap. Mantan anggota DPR RI dua periode yang berlatar belakang pengacara. Terakhir, pada periode 2014-2019, dia menjabat ketua Fraksi PAN DPR RI.

"Dukungan Pak Amien kepada saya itu dukungan yang sifatnya sangat rasional. Jadi Pak Amien tidak ujug-ujug mendukung saya," kata Mulfachri saat mendaftar di sekretariat DPP PAN, Jalan Daksa I, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Dia mengaku, dukungan diperoleh lewat dialektika yang panjang. Dia sempat menyampaikan rencananya bersama PAN kepada Amien Rais. Usai berdiskusi, mantan ketua MPR RI langsung menyatakan dukungannya.

"Saya datang ke Pak Amien, saya sampaikan semacam proposal katakan seperti itu. Saya jelaskan situasi PAN hari ini dan saya sampaikan juga kira-kira PAN itu ke depan baiknya seperti apa dan terjadi diskusi yang sangat mendalam," kata dia.  

Kongres V PAN akan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, 10-12 Februari 2020. Mulfachri berniat mendobrak tradisi. Maju berpasangan dengan calon sekretaris jenderal.

Pada kongres sebelumnya, peserta hanya memilih calon ketua umum. Sekjen dipilih belakangan, oleh ketua umum terpilih.

"Kami memulai tradisi baru. Jadi saya kira ini baik ke depan, jadi saya maju langsung berpasangan dengan Hanafi Rais," ucap Mulfachri. 

Ketua Steering Committe (SC) Kongres PAN, Eddy Soeparno mengatakan, ada 590 pemilik suara untuk pemilihan ketua umum PAN. Terdiri atas 34 DPW, 514 DPD, serta hak suara ketua, sekretaris jenderal, dan bendahara umum. 

loading...

Mulfachri sendiri mengklaim sudah mengantongi 355 suara potensial dari total 590 suara. 

"Soal dukungan sampai hari ini, Alhamdullilah, hadir per 8 Februari sebelum berangkat ke kendari 298 voters. Saya kira lebih dari setengah, dari dukungan potensial sekitar 355," ujar Mulfachri. 

"Kami menghitung secara hati-hati dan cermat. Kami melakukan pendekatan yang lebih substantif dibandingkan hal-hal yang sifatnya artifisial yang selama ini sering disampaikan beberapa teman-teman," ucap dia.

Selain Mulfachri, kandidat ketua umum yang disebutkan telah menyatakan maju adalah Asman Abnur, Dradjad Wibowo, dan Zulkifli Hasan. 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengaku sudah tahu bahwa Amien Rais mendukung Mulfachri Harahap.

"Ya memang betul Pak Amien Rais dukung Mulfachri. Itu mah sudah jelas," kata Zulkifli.

"Pak Amien ya pendiri partai, tapi kan kompetisinya sama Pak Asman dan Mulfachri," lanjut Zulkifli Hasan.

Loading...
Loading...