Jumat, 07 Februari 2020 21:30 WITA

Pengakuan Riezky Aprillia, Anggota DPR RI yang Hendak Digantikan Harun Masiku

Editor: Abu Asyraf
Pengakuan Riezky Aprillia, Anggota DPR RI yang Hendak Digantikan Harun Masiku

RAKYATKU.COM - Ada apa dengan Riezky Aprillia? Mengapa PDIP berusaha me-recall-nya dan akan digantikan Harun Masiku?

Riezky Aprillia menjelaskan semuanya, Jumat (7/2/2020). Tapi bukan kepada wartawan, melainkan kepada penyidik KPK.

Dia diperiksa sebagai saksi atas kasus suap yang menimpa komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan.

"Diganti bagaimana? Enggaklah. Saya enggak tahu-menahu masalah pergantian itu, saya enggak tahu. Saya kan sudah bilang dari kemarin, saya tuh pulang reses, baca di berita, jadi saya enggak mengerti gitu lho," kata Riezky. 

Riezky juga enggan berkomentar banyak soal pemeriksaannya hari ini. "Kalau mau tahu, tanya penyidik ya karena semua sudah saya sampaikan sama penyidik," ujar Riezky. 

Dia mengaku tidak pernah diminta mundur oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Apalagi Riezky dan Megawati sama-sama perempuan. Dia merasa tidak mungkin diminta mundur oleh Megawati.

loading...

"Enggak adalah (diminta mundur), partai ini kan Ibu Ketum itu perempuan, saya perempuan, ibu (Ketua) DPR perempuan, semua perempuan, masa iya? Enggaklah, enggak ada," ujar Riezky. 

Riezky merupakan anggota DPR dari Daerah Pemilihan Sumatera Selatan 1. Satu daerah pemilihan dengan Harun Masiku. 

Pada Pemilu 2019, Riezky memperoleh suara lebih banyak dari Harun sehingga ia dinyatakan lolos ke parlemen menggantikan Nazarudin Kiemas, peraih suara terbanyak di dapil Sumsel I, yang meninggal dunia. 

Kasus ini berawal ketika Harun menyuap Wahyu supaya ia bisa masuk parlemen menggantikan Riezky lewat mekanisme pergantian antarwaktu. 

KPK menetapkan empat orang tersangka dalam kasus suap ini yaitu Komisioner KPU Wahyu Setiawan, eks caleg PDI-P Harun Masiku, eks anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, dan seorang pihak swasta bernama Saeful. 
 

Loading...
Loading...