Kamis, 06 Februari 2020 23:16 WITA

Bupati Iksan Iskandar Sambut Kunjungan Tim Verifikasi TORA di Jeneponto 

Penulis: Zul Lallo
Editor: Abu Asyraf
Bupati Iksan Iskandar Sambut Kunjungan Tim Verifikasi TORA di Jeneponto 
Bupati Jeneponto Iksan Iskandar (kedua kiri).

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Pemerintah Kabupaten Jeneponto menerima kunjungan ketua program verifikasi Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) bersama tim dan seluruh rombongan di Baruga Kalabbirang, Jalan Kenanga, Kecamatan Binamu, Kamis (6/2/2020).

Pembangunan pertanian membutuhkan lahan yang cukup untuk ekstensifikasi. Terutama untuk tanaman pangan pokok. Agar dapat berswasembada, maka dibutuhkan lahan yang memadai secara nasional.

"Ketersediaan lahan baru sangat urgen. Kementan telah menargetkan untuk dapat mencetak sawah baru seluas satu juta hektare dalam lima tahun lalu (2015-2019)," ujar Iksan

Karena itu program TORA harapkan dapat membawa manfaat bagi redistribusi lahan di wilayah Jeneponto ini.

Redistribusi lahan kehutanan tersebut untuk pertanian jelas merupakan terobosan besar dalam mengatasi kemandekan perluasan lahan pertanian selama ini.

Setiap tahun diintervensi oleh konversi yang sulit dikendalikan. Seperti semakin meluasnya pula kawasan pemukiman. 

loading...

Keberhasilan program TORA dalam bentuk redistribusi lahan memberikan pengaruh makro yang sangat posistif. Karena menyediakan lahan baru yang sangat signifikan dan sangat membantu pencapaian target-target swasembada pangan nasional.  

Sementara, legalisasi aset atau pemberian sertifikat tanah memberi pengaruh mikro yang baik bagi keluarga petani. Akan mampu menjadi modal yang besar untuk petani dalam berusaha tani dan mengembangkan agribisnis.

"Karena itu, saya mengharapkan melalui sosialisasi ini kita semua mendapatkan pemahaman yang lebih baik dalam pelaksanaan program tanah objek reforma agraria ini," sebutnya

Pemerintah Daerah mendukung sepenuhnya dan senantiasa berharap ada sinergi dan komunikasi dalam pelaksanaannya. Khususnya di jajaran pemerintah desa dan kelurahan dalam memberikan informasi lahan yang dapat di-resdistribusi termasuk dalam proses penguasaan lahan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumber daya agraria. Guna mendukung kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dan kemakmuran rakyat.

"Saya sampaikan, sekali lagi apresiasi dan selamat datang kepada Bapak/Ibu sekalian. Semoga program ini berjalan dengan baik dalam upaya mengembangkan berbagai produktivitas dan potensi yang ada di daerah ini. Dan saya nyatakan dibuka dengan resmi," tutup Iksan.

Loading...
Loading...