Kamis, 06 Februari 2020 15:15 WITA

Mengintip Persiapan Brimob Bone BKO Pilkada Serentak di Sulsel

Editor: Abu Asyraf
Mengintip Persiapan Brimob Bone BKO Pilkada Serentak di Sulsel
Batalyon Pelopor Brimob Polda Sulsel melakukan latihan pengamanan pilkada, Kamis (6/1/2020).

RAKYATKU.COM,BONE - Matahari belum tinggi di ufuk timur. Teriakan-teriakan dan suara laras sepatu sudah terdengar di markas komando (Mako) Batalyon Pelopor Brimob Polda Sulsel.

Markas itu berada di Jalan MH Thamrin, Kelurahan Ta, Kecamatan Tanete Riattang, Kabupaten Bone.

Sejumlah personel Yon C Pelopor Brimob Bone berseragam hitam-hitam terlihat berlarian. Membawa tameng dan senjata di tangan. 

Mereka berlari-lari kecil menuju tempat apel Mako Batalayon C Pelopor Brimob Bone, Kamis (6/2/2020).

Para personel Yon C Pelopor Brimob Bone yang berseragam hitam-hitam tersebut berbaur dengan para personel Yon C Pelopor Brimob Bone lainnya yang sudah berkumpul di lapangan apel.

Menurut Danyon C Pelopor Brimob Bone, Kompol Nur Ichsan, para personel tersebut melaksanakan latihan rutin yaitu Penindakan Huru Hara (PHH). Dalam rangka pelaksanaan pilkada serentak.

"Sebagai salah satu unsur pengamanan di pilkada serentak di beberapa kabupaten Provinsi Sulawesi Selatan, personel Batalyon (Yon) C Pelopor Brimob Bone harus terus mengasah kemampuan lewat latihan rutin, khususnya PHH," tegas Kompol Ichsan.

loading...

Dia menjelaskan, PHH adalah rangkaian kegiatan atau cara dalam menghadapi terjadinya kerusuhan massa atau huru hara.

"Prinsip-prinsip yang harus dipedomani dalam penindakan huru hara adalah legalitas, proporsional, prosedural, nesesitas, dan keterpaduan. Untuk itu para danki (komandan kompi) sebagai komandan di lapangan harus betul-betul memahami ini," ujar Danyon yang terkenal dengan jargon "Tindizzz" ini.

Kali ini materi yang dilatihkan adalah cara menangani pengunjuk rasa yang mulai bertindak anarki. Danki 1 Yon C, Iptu Andi Dahlan SPdi memimpin latihan.

Setiap anggota Brimob harus memahami tahapan-tahapan dalam penanganan unjuk rasa. Sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Kapolri Nomor 2 Tahun 2019 agar tidak menyimpang dari prosedur yang berlaku.

Latihan ini dilaksanakan personel kompi 1, 2, 3, dan 4 Batalyon C Pelopor. Diawasi langsung pelaksanaannya oleh Danyon, Wadanyon dan Pasi Ops Iptu Abd Azis selaku penanggung jawab latihan. (Saenal Abidin/Rakyatku.com)
 

Loading...
Loading...