Kamis, 06 Februari 2020 06:00 WITA

Jalankan Kontrak, Rusia Mulai Kirim Rudal Terbaik ke India di Tahun 2021

Editor: Andi Chaerul Fadli
Jalankan Kontrak, Rusia Mulai Kirim Rudal Terbaik ke India di Tahun 2021

RAKYATKU.COM - Rusia akan mulai mengirimkan sistem rudal S-400 ke India pada akhir 2021. India menandatangani kesepakatan $ 5 miliar untuk rudal S-400 pada 2018.

Meski hal itu menarik peringatan dari Amerika Serikat bahwa akuisisi semacam itu akan memicu sanksi sebagai bagian dari program yang lebih luas terhadap Rusia, dikutip dari Aljazeera, Kamis (6/2/2020).

"Kontrak sedang dilaksanakan sesuai jadwal. Pengiriman pertama akan berakhir pada akhir 2021," ujar Wakil Direktur Layanan Federal untuk Kerjasama Militer-Teknis (FSMTC) Vladimir Drozhzhov mengatakan pada Expo Pertahanan 2020 di Lucknow, India.

Sistem rudal S-400 adalah platform senjata canggih dengan jangkauan maksimum 400 kilometer. Dan dianggap sebagai salah satu sistem pertahanan terbaik yang ada.

Pada November, agensi yang sama mengutip direktur umum eksportir senjata negara Rusia Rosoboronexport, Alexander Mikheev, yang mengatakan pengiriman akan dimulai pada September 2021.

loading...

Kepala konglomerat Rusia Rostec, Sergey Chemezov mengatakan, November lalu, Pemerintah India telah membayar uang muka sebesar $ 800 juta untuk sistem rudal anti-pesawat.

Moskow telah lama menjadi pemasok utama peralatan militer ke India - menyumbang 62 persen dari total impor senjata selama lima tahun terakhir, menurut Stockholm Peace Research Institute.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, New Delhi beringsut lebih dekat ke AS dan Israel untuk pasokan senjata.

Loading...
Loading...