Senin, 03 Februari 2020 15:59 WITA

Bos ISIS Si Profesor Bersembunyi di Suriah, Siapkan Pasukan Baru

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bos ISIS Si Profesor Bersembunyi di Suriah, Siapkan Pasukan Baru

RAKYATKU.COM - Pemimpin baru ISIS yang berjuluk Si Profesor dilaporkan bersembunyi di Suriah. Dia membangun pasukan baru yang kuat untuk meluluhlantakkan kekacauan di Eropa dan AS.

Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi mengambil kendali atas kelompok teroris setelah Abu Bakar al-Baghdadi meledakkan dirinya pada Oktober, dikutip dari Daily Star, Senin (3/2/2020).

Ekstrimis ini juga dikenal sebagai Haji Abdullah. Dia adalah ketua legislatif mereka dan dilaporkan terlibat langsung dalam lelaki gay yang dilempar dari atap dan perempuan yang berzinah dilempari batu.

David Otto, kontra-terorisme dan pakar kejahatan terorganisir di Global Risk International, percaya al-Salbi sekarang menggunakan posisi barunya untuk memperkuat militer ISIS.

“Dari apa yang saya pahami dia berbasis di Suriah, antara perbatasan Suriah dan Irak. Fakta bahwa dia memberikan namanya sebelumnya sebagai al-Hashimi adalah umpan tentu saja, itu telah menjadi nom de guerre (alias)," katanya.

"Ini adalah umpan untuk mempersiapkan dia untuk pengambilalihan kelompok ISIS dan mengenal semua faksi lainnya."

loading...

Otto mengklaim bahwa al-Salbi akan mencoba dan meluncurkan serangan lebih lanjut terhadap AS dan Eropa ketika para pejuang kembali ke Barat.

Sebuah laporan yang dirilis bulan lalu memperingatkan ISIS menegaskan kembali dirinya di Irak dan Suriah.

Disusun oleh Tim Pemantau PBB yang melacak terorisme di seluruh dunia, ia memperingatkan para jihadis masih memiliki cadangan setara dengan £ 77 juta.

Laporan itu mengatakan para teroris telah melakukan "serangan pemberontak yang semakin berani" di bawah komando pemimpin baru.

Tags
Loading...
Loading...