Jumat, 31 Januari 2020 22:16 WITA

Sempurnakan Pengelolaan Keuangan, Pemkab Enrekang Kerjasama IBK Nitro

Editor: Andi Chaerul Fadli
Sempurnakan Pengelolaan Keuangan, Pemkab Enrekang Kerjasama IBK Nitro

RAKYATKU.COM, ENREKANG - Pemkab Enrekang menggandeng Institut Bisnis dan Keuangan (IBK) Nitro Makassar, dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang keuangan.

Kesepakatan kedua institusi ini dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU), yang diteken di Pendopo Rujab Bupati Enrekang, Jumat, 31 Januari 2020.

Adapun beberapa isi MoU itu diantaranya, pembukaan kelas Magister khusus untuk PNS atau pegawai keuangan di lingkup Pemkab Enrekang, penempatan mahasiswa IBK Nitro Makassar dalam rangka KKN atau PPL di Enrekang dan menjadikan Enrekang sebagai lokasi penelitian bagi dosen atau mahasiswa IBK Nitro Makassar.

Wakil Rektor I IBK Nitro Makassar, Dr Abdul Samad mengatakan bahwa pihaknya sangat bangga bisa menjadi salah satu perguruan tinggi yang dipercaya mengembangkan sumber daya manusia di Kab. Enrekang. "Kami akan memaksimalkan petensi yang kami punya untuk melakukan pengembangan SDM berbasis kearifan lokal di Enrekang," ujarnya.

Samad menambahkan, selain kerjasama dalam bidang perkuliahan magister keuangan, pihaknya juga akan mendorong dosen dan mahasiswa IBK Nitro Makassar untuk melaksanakan riset berbasis kearifan lokal di Enrekang. 

"Ini merupakan bagian dari implementasi pengabdian pada masyarakat yang kami lakukan sehingga diharapkan hasilnya bisa berdampak langsung bagi masyarakat Enrekang," terangnya.

loading...

Sementara itu, Bupati Enrekang Muslimin Bando sangat menyambut baik MoU ini. Menurutnya, saat ini Kabupaten Enrekang kekurangan SDM pengelolaan keuangan hampir di setiap Organisasi Perangkat Daerah. 

"Sehingga pengembangan SDM keuangan di lingkup Kab. Enrekang sangat mendesak menurut saya," ucapnya.

MoU ini, kata bupati dua periode ini, bisa menjadi solusi atas apa yang menjadi kendala Pemkab Enrekang selama ini. "Semoga program kerjasama ini bisa segera diwujudkan, sehingga kami tidak lagi pusing memikirkan SDM potensial untuk mengisi pos-pos keuangan di OPD," harapnya.

Turut hadir dalam penandatanganan MoU ini Wakil Rektor II IBK Nitro Makassar Dr Muspa, Direktur Pascasarjana Dr Rosnaeni Daga, Kepala Humas Aminuddin Hamdad, Konsultan Keuangan daerah Fajar Group Aida, dan Kepala Bidang Diklat BKD Enrekang Umaruddin.

Loading...
Loading...