Jumat, 31 Januari 2020 17:18 WITA

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia

Editor: Abu Asyraf
Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia
Danny Pomanto menunjukkan kesantunan kepada yang lebih tua.

RAKYATKU.COM - Danny Pomanto (DP). Itu nama akrabnya. Nama lengkapnya; Ir H Mohammad Ramdhan Pomanto. 

Danny lahir di Makassar. Tepatnya, 30 Januari 1964. Itu berarti, tahun 2020 ini, DP berusia 56 tahun. Merujuk umur, makin matang. Tentu, juga makin bijaksana. 

Putra pasangan Buluku Pomanto dan Aisyah Abdul Razak ini terlahir dari keluarga sederhana. Bahkan, Danny kecil lahir dan besar di lingkungan lorong (gang). Tak ayal, DP pun menguatkan identitas lorong itu. Anak Lorongna Makassar. Lorong Keluarga Berencana (KB). Lorong sehat. Lorong NasDem. Dan, sejumlah 'lorong' lainnya.

Danny remaja, tumbuh sebagai pria tekun. Ulet. Dan, cerdas. Danny lolos kuliah pada  universitas ternama di kampung kelahirannya; Universitas Hasanuddin (Unhas). DP memilih jurusan arsitektur. 

Lulus, Danny selanjutnya meniti karier. Sejumlah karya ternama ditorehkannya. Paling dekat, masjid terapung di Pantai Losari. Juga, Pantai Losarinya sekalian. Di sejumlah daerah, Danny juga menjadi konsultan. 

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia

Dan itu, menempatkannya sebagai arsitek ternama. Tidak hanya dalam negeri. Danny juga dikenal luas di kalangan arsitek di tingkat nasional. Bahkan, dunia. 

Kini, Danny terbentuk sebagai anak lorong yang berkarya di tingkat nasional. Juga, dunia. 

Lemari Kardus

Danny remaja juga punya kisah asmara yang cukup menarik. Ia jatuh cinta pada seorang gadis yang sekampus dengannya. Namun,  beda fakultas. Danny arsitek. Gadis pujaannya jurusan kedokteran.

Sang gadis itu bernama Indira Jusuf Ismail. Kini, Indira telah memberi Danny tiga putri cantik. Mereka adalah Aura Aulia Imandara, Arraya Aulia Izzanaira, dan Amirra Aulia Noorimani.

Danny mengagumi sang istri. Pria jago arsitek ini juga bangga dengan gadis pujaanya itu. Kata Danny, Indira setia diajak membangun keluarga mulai dari nol. 

"Dulu, lemari yang kita pakai itu dari kardus. Dan Ibu (Indira, Red) dengan ikhlas menerima itu semua. Akhirnya kami mampu membangun dan seperti sekarang," tuturnya mengenang masa lalu.

Pilih Jalur Politik

Punya kemampuan. Punya uang. Dan, terpenting, punya visi, Danny masuk dunia politik. 

Dunia yang,--berdasarkan pendapat banyak orang--terkadang unpredictable (susah diterka). Dunia yang abu-abu. 

Sebagai pengandaian, dalam politik, 1+1 bisa 10. Pun, sebaliknya bisa 0. Itu juga karena nabi para politkus adalah kepentingan. Hari ini, misalkan, partai A bentrok partai B. Besok bisa begitu sangat akrab. Itu tadi, kepentingan. 

loading...

Banyak definisi dunia politik ini, memang. Ada mendefinisikan politik sebagai seni. Seni dalam artian membuat hal mungkin menjadi tak mungkin. Juga, sebaliknya. 

Demikian pula, politik didefinisikam siapa mendapatkan apa, kapan dan bagaimana (Harold D Laswell: political is who get what, when, and how). Atau, segala hal adalah politik (Robert Dull: everythings is political).

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia

Dunia politik juga diidentikkan dunia pengabdian. Bagi orang tertentu, memilih politik sebagai jalur memperbaiki kehidupan rakyat banyak. 

Lalu, mengapa Danny tertarik masuk dunia politik? Danny mengaku punya ide. Pria yang memang dikenal visioner ini, memang begitu ingin menerapkan ilmunya untuk rakyat banyak. 
 
Akhirnya, bersama Deng Ical, Danny-Ical paket. Lalu, terpilih memimpin Makassar. Lima tahun, terbukti. Ratusan penghargaan diukir. Kehidupan masyarakat Makassar tambah baik. Dan, Makassar pun dapat pengakuan. Tidak hanya di tingkat nasional. Tapi, dunia. Lagi-lagi, anak lorong yang punya ide mendunia.

Jadi Pembicara di Sejumlah Negara

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia

Sejumlah konsep brilian di Makassar, ternyata jadi perhatian dunia. Tak ayal, Danny pun diundang jadi pembicara. Sejumlah negara itu, antara lain; New York, Barcelona, Singapura. 

Terkini, Danny yang sudah mantan wali kota masih diundang. Terakhir, diundang ke India. Tepatnya, di Kota Salem. Danny diundang dalam workshop, bersama sejumlah profesor dari beberapa belahan dunia. Prestasi, yang patut diapresiasi!

Visi 2020

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia

Danny kembali mengikrarkan maju di Pilwalkot Makassar. Tentu, berharap bisa menuntaskan program yang masih belum diselesaikan.

Danny sangat berharap lewat partai. Sebagai kader NasDem, sang arsitek ini berharap partainya memberi tiket. Plus, dukungan partai lain. Namun, puluhan ribu loyalisnya menyiapkan alternatif lain. Belajar dari pengalaman, para loyalis Danny Pomanto tetap menyiapkan jalur independen. 

Menyikapi semua itu, tepat 02-02-2020, Danny akan memaparkan visi misinya memimpin Makassar 3,5 tahun ke depan jika terpilih. 

Salah satunya adalah lapangan kerja. Danny akan menjadikan lapangan kerja sebagai hal yang prioritas. Bagaimana visi Danny 2020?  Kita tunggu saja!

Anak Lorong yang Punya Ide Telah Diakui Dunia
 

Loading...
Loading...