Sabtu, 01 Februari 2020 01:00 WITA

WHO Deklarasikan Wabah Virus Corona Jadi Darurat Kesehatan Internasional

Editor: Andi Chaerul Fadli
WHO Deklarasikan Wabah Virus Corona Jadi Darurat Kesehatan Internasional

RAKYATKU.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah secara resmi mendeklarasikan coronavirus sebagai Kesehatan Masyarakat Darurat dari Kepedulian Internasional.

Setidaknya 171 orang telah meninggal dan hampir 8.000 telah terinfeksi dalam wabah, yang diyakini berasal di kota Cina, Wuhan.

Kasus telah dikonfirmasi di negara-negara termasuk AS, Australia, Prancis, Jerman, Kanada, Vietnam, Jepang, dan Korea Selatan, dikutip dari Daily Star, Sabtu (1/2/2020).

Korea Utara menutup perbatasannya dan negara-negara lain meningkatkan tindakan biosekuriti di bandara sebagai tanggapan.

Rincian virus dan bagaimana penyebarannya masih belum jelas selama beberapa minggu pertama wabah, tetapi pemerintah Cina sekarang telah mengkonfirmasi bahwa infeksi tersebut dapat menyebar melalui kontak antar manusia.

loading...

WHO mengadakan pertemuan darurat di Jenewa minggu lalu untuk membahas potensi ancaman virus korona, tetapi komite tidak dapat mencapai kesimpulan.

Direktur Jenderal Dr Tedros Ghebreyesus mengatakan situasinya "berevolusi dan kompleks" dan kelompok itu berkumpul kembali Kamis lalu untuk membahas masalah lebih lanjut tetapi mengatakan masih terlalu dini untuk menentukan.

"Dalam beberapa hari terakhir perkembangan virus, terutama di beberapa negara, terutama penularan dari manusia ke manusia, membuat kami khawatir," kata Dr Ghebreyesus, Rabu.

Loading...
Loading...