Selasa, 28 Januari 2020 16:21 WITA

Bertemu Prof Dwia, Sidney Jones Bahas Penculikan di Laut Sulu Terhadap WNI Asal Buton

Editor: Andi Chaerul Fadli
Bertemu Prof Dwia, Sidney Jones Bahas Penculikan di Laut Sulu Terhadap WNI Asal Buton

RAKYATKU.COM - Ketua Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC), Sidney Jones, yang juga merupakan pakar dan peneliti terorisme di Asia Tenggara mengunjungi Rektor Unhas, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu. Kunjungan ini dimaksudkan untuk berdiskusi tentang penculikan di Laut Sulu, Filipina yang menimpa Warga Negara Indonesia (WNI) asal Buton.

Diskusi yang berlangsung di Ruang Rektor, Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Senin (27/01) ini dihadiri pula oleh Antropolog Unhas (Dr Tasrifin Tahara) dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumberdaya (Prof Sumbangan Baja)

Sidney Jones menjelaskan bahwa kejadian penculikan WNI, khususnya warga Buton dan Wakatobi ini tidak menjadi suatu isu di Indonesia. Ia menduga, kelompok teroris yang bertanggung jawab atas penculikan warga Buton ini ialah kelompok Abu Sayyaf.

loading...

Kelompok yang berbasis di Filipina ini menjadikan perairan Malaysia sebagai area operasi.  Sedangkan WNI yang berprofesi sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di kapal perikanan Malaysia sebagai target penculikan. 

“Aksi ini terus berulang di area dan waktu yang berdekatan. Kejadian ini seharusnya dipandang lebih serius lagi, sudah sepatutnya tiga negara (Indonesia, Filipina, dan Malaysia) duduk bersama dan membicarakan kembali pokok permasalahan dan bagaimana penyelesaiannya,” jelas Sidney.

Tags
HALAMAN
1 2 3
Loading...
Loading...