Senin, 27 Januari 2020 17:14 WITA

Satu Anggotanya Tewas dan Seorang Ditangkap Hidup-Hidup, OPM Bungkam

Editor: Abu Asyraf
Satu Anggotanya Tewas dan Seorang Ditangkap Hidup-Hidup, OPM Bungkam
Pasukan TNI-Polri mengevakuasi anggota OPM yang tewas dalam baku tembak di Kampung Jupara, Intan Jaya, Minggu (26/1/2020).

RAKYATKU.COM - Minggu, 26 Januari 2020. Kontak tembak pecah di Kampung Jupara, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Kejadian bermula dari serangan kelompok OPM yang berasal dari ketinggian kampung Wadoga. Serangan tersebut diarahkan ke Pos Ramil 1705-11/Sugapa. Jaraknya sekitar 300 meter.

Mendengar rentetan tembakan, anggota Pos Ramil dan Yonif 433/JS langsung berlindung. Mereka masuk steeling kemudian memberikan serangan balasan.

Usai kontak tembak, pasukan TNI-Polri melakukan pembersihan area. Mereka menemukan satu jasad OPM tergeletak dengan luka tembak menganga tepat di kepala.

Tengkorak kepalanya hancur. Nyaris tak bisa dikenali lagi. Anggota OPM yang belum diketahui namanya itu terkena tembakan sniper TNI dari Yonif 433/JS.

Pada saat penyisiran, Satgas Pinang Sirih yang terdiri dari anggota Yonif 433/JS juga mengamankan seorang warga sipil bernama Yopi Sani. Dia diduga simpatisan OPM. 

Saat ditangkap, Yopi terlihat membuang senjata dan amunisi ke jurang. Di tubuhnya ditemukan kalung panjang dengan botol bekas oli warna merah. Mirip yang dibawa kelompok OPM di Intan Jaya. 

loading...

Untuk pendalaman lebih lanjut, Yopi Sani kemudian diserahkan ke Polsek Sugapa.

Sementara itu, seorang bocah, warga sipil ikut terkena tembakan. Jakson Sodegau, namanya. Warga Kampung Wandoga. Dia terkena tembakan dari atas ketinggian, arah serangan OPM yang dipimpin Lekakak Telenggen.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Asep Adi Saputra mengatakan, hingga kini situasi di Papua masih kondusif. 

Aparat gabungan TNI-Polri juga masih melakukan pengejaran terjaga KKB pimpinan Lekakak Telenggen itu.

Berbeda dengan baku tembak biasanya, kali ini OPM bungkam. Sudah lama tidak ada informasi baru seputar baku tembak dengan pasukan TNI-Polri.

Biasanya, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) aktif melaporkan perkembangan baku tembak dengan pasukan TNI-Polri. Termasuk korban tewas di kubu militer.

Tags
Loading...
Loading...