Minggu, 26 Januari 2020 19:51 WITA

Gusdurian Barru Peringati Haul Ke-10 Gusdur, Ini Pesan Menyejukkan Tokoh Lintas Agama

Penulis: Achmad Afandy
Editor: Abu Asyraf
Gusdurian Barru Peringati Haul Ke-10 Gusdur, Ini Pesan Menyejukkan Tokoh Lintas Agama
Komunitas Gusdurian Barru memperingati haul ke-10 Gusdur lewat diskusi bersama di aula Kemenag Barru, Minggu (26/1/2020).

RAKYATKU.COM,BARRU - Komunitas Gusdurian Barru memperingati haul ke-10 Gusdur lewat diskusi bersama di aula Kemenag Barru, Minggu (26/1/2020).

Hadir pada kesempatan itu pemateri dari berbagai tokoh lintas agama. Mulai tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Husain Abdullah, pendeta Gereja Toraja Barru, pdt Firman Panggara.

Dewan Pembina Gusdurian Barru, Ustaz Kamaruddin Hasan dalam sambutannya mengingatakan, agar masyarakat tetap menjaga semangat toleransi yang telah diwariskan Gus Dur.

Nilai-nilai toleransi itu, kata dia, harus kita amalkan secara inklusif untuk merawat keberagaman yang ada di NKRI.

Gusdurian Barru Peringati Haul Ke-10 Gusdur, Ini Pesan Menyejukkan Tokoh Lintas Agama

Hal senada diungkapkan, KH Husain Abdullah. Dia mengatakan bahwa manusia pada dasarnya diciptakan dalam kondisi yang beragam, bersuku-suku, dan berbangsa-bangsa.

loading...

Maka keberagaman itu adalah kehendak Tuhan yang diciptakan agar manusia saling mengenal. Sebab, kata dia, semua agama menjunjung tinggi nilai-nilai kedamaian.

"Makna toleransi dan perintah perdamaian bisa ditemukan di kitab suci semua agama. Ini yang wajib kita ketahui bersama," ujar KH Husain, Minggu (26/1/2020).

Pendeta Firman Panggarra meminta semua manusia agar hidup sebagai sahabat bagi semua orang. Bukan hanya sebatas pada kaum tertentu.

Teman-teman Nasrani di Kabupaten Barru, lanjut dia, tidak lagi merasa sebagai minoritas tapi telah menjadi sahabat bagi kaum mayoritas.

"Kita semua berharap agar Kabupaten Barru menjadi daerah religius yang menjadi rumah yang aman dan damai," tuturnya.

Loading...
Loading...