Minggu, 26 Januari 2020 07:00 WITA

Mark Zuckerberg bakal Maju Jadi Calon Presiden AS?, Donald Trump: Tidak Takut!

Editor: Nur Hidayat Said
Mark Zuckerberg bakal Maju Jadi Calon Presiden AS?, Donald Trump: Tidak Takut!
Mark Zuckerberg. (Foto: DW)

RAKYATKU.COM - Mark Zuckerberg kembali dikaitkan bakal maju jadi calon Presiden Amerika Serikat. Jelang pemilu di AS pada 2020, Presiden Donald Trump membeberkan kemungkinan CEO dan pendiri Facebook jadi capres selanjutnya.

Berdasarkan transkrip wawancara Trump dengan CNBC yang diunggah oleh jurnalis CNN, Daniel Dale, di Twitter, Trump mengatakan bahwa ia mendengar kabar bahwa Zuckerberg akan mencalonkan diri sebagai Presiden AS.

"Saya dengar dia akan mencalonkan diri jadi presiden. Itu tidak akan terlalu menakutkan menurut saya. Tapi dia memiliki ‘monster’ di belakangnya," kata Trump.

Tidak jelas apa yang dimaksud Trump sebagai ‘monster’ di belakang Mark Zuckerberg. Belum ada klarifikasi lebih lanjut dari pihak Gedung Putih soal itu.

Berdasarkan wawancara itu, sepertinya Trump mereferensikan ‘monster’ dengan kekuatan Zuckerberg sebagai orang nomor satu di Facebook, media sosial terbesar di dunia. 

Atau bisa juga ‘monster’ diartikan sebagai hal-hal kontroversial yang dilakukan Facebook beberapa tahun belakangan ini.

Yang lebih kontroversial baru-baru ini, Facebook menolak melakukan pemeriksaan fakta terhadap iklan politik yang dijalankan di platform-nya. Menurutnya, hal itu akan membatasi ruang pidato politik.

loading...

Belum lagi soal pengawasan atas peran Facebook dalam Pemilu 2016 yang melibatkan perusahaan analisis data Cambridge Analytica dan penyalahgunaan 80 juta data penggunanya. Data-data pengguna Facebook disebut membantu kampanye Donald Trump saat itu.

Sejak 2017, ada banyak kontroversi yang dihadapi Facebook. Semua isu itu tentu akan sangat membuatnya kesulitan jika ia benar-benar ingin maju menjadi calon Presiden AS.

Berdasarkan laporan Business Insider, Mark Zuckerberg telah mengunjungi kantor media dan pangkalan militer dan bahkan bersedia memberi makan sapi. Hal-hal itu seolah menjadi petunjuk bahwa ada kemungkinan CEO Facebook itu akan mencalonkan dirinya sebagai presiden.

Sebelumnya, kabar soal Mark Zuckerberg akan maju jadi Presiden AS juga tersiar beberapa tahun lalu. Namun saat itu, Zuckerberg dengan tegas mengatakan tidak akan maju jadi presiden.

"Beberapa dari kalian bertanya apakah semua yang saya lakukan ini karena saya ingin mencalonkan diri bekerja di kantor publik. Tidak akan," tulisnya dalam postingan di Facebook pada tahun 2017.

Loading...
Loading...