Jumat, 24 Januari 2020 23:16 WITA

Tenaga Honorer Akan Dihapus, Kepala BKPSDM Gowa: Pemerintah Harus Siapkan Solusi

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Abu Asyraf
Tenaga Honorer Akan Dihapus, Kepala BKPSDM Gowa: Pemerintah Harus Siapkan Solusi
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Muh Basir

RAKYATKU.COM,GOWA - Pemerintah daerah berharap penghapusan honorer dikaji matang. Jika dilakukan serampangan, pelayanan di daerah bakal lumpuh.

Pada sektor pendidikan, misalnya. Sekolah di wilayah terpencil lebih banyak menggunakan tenaga guru honorer. Guru berstatus PNS atau ASN hanya satu atau dua orang.

"Kalau dihapus, mesti ada solusinya. Seperti pengangkatan honorer ke PPPK," ujar Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Muh Basir, Jumat (23/1/2020).

Pemerintah berencana menghapus tenaga honorer yang bekerja di setiap instansi pemerintahan. Hal itu mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurut Basir, belum semua daerah menerapkan itu. Karena banyaknya tenaga honorer yang dipekerjakan dan punya beban hidup masing-masing.

Untuk di Kabupaten Gowa sendiri, Basir menyebut ada beberapa tenaga honorer yang namanya terdaftar atau yang telah terverifikasi.

"Honorer di Gowa sendiri ada sekitar 900-an yang sudah diverifikasi tahun 2012. Dan ada lagi tenaga lain di setiap SKPD, yang tidak terverifikasi di data pusat," sambungnya.
 

Loading...
Loading...

Berita Terkait