Jumat, 24 Januari 2020 23:01 WITA

Antisipasi Virus Corona, KKP Pasang Thermal Scanner di Bandara dan Pelabuhan

Penulis: Azwar Basir
Editor: Abu Asyraf
Antisipasi Virus Corona, KKP Pasang Thermal Scanner di Bandara dan Pelabuhan

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Layar komputer menunjuk angka 36.4 derajat Celcius. Pada bagian tengah terlihat seseorang sedang berdiri.

Layar komputer ini bagian sistem Thermal Scanner atau alat pendeteksi suhu panas tubuh manusia. Alat itu terpasang di beberapa pintu Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Semua penumpang domestik dan mancanegara wajib lewat Thermal Scanner. Itu salah satu upaya Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar mengawasi masuknya virus corona.

"Semua yang datang dari luar negeri harus dalam kekarantinaan. Maksudnya mereka harus dipastikan tidak membawa penyakit, baru boleh masuk," kata Kepala KKP Kelas I Makassar, Darmawali Handoko, Jumat (24/1/2020).

Alat itu membantu petugas kesehatan bandara dan pelabuhan jika ditemukan orang yang terpapar jenis-jenis virus dari luar Indonesia. Dengan begitu, pihaknya akan lebih dimudahkan dalam mengantisipasi penyebarluasan penyakit mematikan itu.

loading...

Apalagi, katanya, untuk wilayah Sulsel hanya orang-orang dari tiga negara saja yang umumnya berkunjung. Di luar dari Tiongkok, negara yang disebut-sebut menjadi ladang virus tersebut.

"Yang masuk dari luar negeri kan hanya dari Malaysia, Singapura, dan Jeddah (Arab Saudi)," tutupnya.

Merujuk dalam beberapa tahun sebelumnya, khususnya di 2019, Darmawali mengungkap Sulsel aman dari penyebaran virus apa pun termasuk corona, baik melalui jalur penerbangan di bandara hingga di pelabuhan. Apalagi katanya, tidak ada sama sekali jalur penerbangan dari Makassar, Sulsel ke Tiongkok. Begitu pun sebaliknya.

"Jadi kita kemungkinan besar lebih aman. Yang agak bahaya mungkin itu seperti Denpasar (Bali) dan Jakarta. Kita di sini alhamdulillah masih aman. Karena tidak ada yang dari Tiongkok ke kita di sini," tambahnya.

Loading...
Loading...