Jumat, 24 Januari 2020 13:07 WITA

Dikira Air Mineral, Orang Tua Beri Alkohol ke Bayinya yang Masih 2 Bulan

Editor: Fathul Khair Akmal
Dikira Air Mineral, Orang Tua Beri Alkohol ke Bayinya yang Masih 2 Bulan
Ilustrasi

RAKYATKU.COM - Orang tua di Zhejiang, Cina, tergesa-gesa menenangkan anaknya yang lapar. Mereka mengambil apa yang mereka yakini sebotol air, untuk mencampurnya ke susu formula anak.

Tidak menyadari, ternyata yang dikira air mineral itu, adalah botol berisi baijiu, yang disimpan dari jamuan.

Baijiu adalah minuman keras bening dengan kandungan alkohol, antara 28 hingga 65 persen. Alkohol, setelah dicerna oleh bayi, dapat menyebabkan gula darah rendah, menyebabkan kejang dan koma atau bahkan memperlambat detak jantung ke tingkat yang fatal.

Bayi itu telah minum sekitar 10 ml susu, ketika orang tua mereka menyadari ada sesuatu yang tidak beres. Ada bau alkohol yang kuat dari botol bayi itu.

Akibatnya, bayi itu dilarikan ke rumah sakit setelah secara tidak sengaja menelan baijiu.

loading...

Ketika dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan darurat, bayi sudah memerah di wajah dan tidak sadarkan diri di lengan ibu.

Karena anak itu terlalu muda untuk dimuntahkan, rumah sakit harus memompa perut bayi untuk mengeluarkan alkohol dari sistem.

Isi perut anak sangat berbau alkohol, dilansir dari asiaone. Setelah 20 menit berulang kali memompa keluar isinya, anak itu akhirnya terbebas dari bahaya.

Meskipun anak hanya mengonsumsi sedikit alkohol, dokter memperingatkan orang tua bahwa masih ada risiko komplikasi pada saluran pencernaan, hati, dan sistem saraf anak.

Tags
Loading...
Loading...