Jumat, 24 Januari 2020 01:30 WITA

Mahasiswa UIM Ubah Gula Aren Jadi Obat dan Bahan Bakar Kendaraan

Editor: Abu Asyraf
Mahasiswa UIM Ubah Gula Aren Jadi Obat dan Bahan Bakar Kendaraan
Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Suradi ST MT

RAKYATKU.COM - Gula aren selama ini lebih dikenal sebagai campuran makanan. Dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Makassar (UIM) menemukan fungsi lain.

Gula aren ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar alternatif. Juga bisa berkhasiat sebagai obat.

Iqbal dan Jabrin, mereka yang melakukan penelitian ini. Mahasiswa angkatan 2015 dari Jurusan Teknik Mesin itu dibimbing langsung Fadhli Rahman dan Darmulia.

Dekan Fakultas Teknik, Dr Ir Suradi ST MT mengatakan, rencananya akan mematenkan hasil penelitian kedua mahasiswanya itu.

"Kan ini skala kecil, yang mau dikembangkan. Itu kita cuma mau lihat dia hasilnya apa. Rencana sih, kalau memang ini, kita akan masuk dulu ke perindustrian lalu patenkan untuk skala besarnya," katanya, Kamis (23/1/2020).

Di ruangannya yang dilengkapi pendingin, ia menjelaskan, penelitian mahasiswa itu telah selesai. Biasanya akan dilanjutkan oleh dosen.

loading...

"Kan kalau mahasiswa belum sempurna. Tapi, penelitian yang paling tinggi poinnya itu kalau direkrut mahasiswa, penelitian apa saja itu harus gandeng mahasiswa," kata pria berkemeja kotak tersebut.

Temuan mahasiswa ini juga bukan hanya semata-mata untuk bahan bakar melainkan untuk campuran obat.

"Bisa digunakan sebagai campuran obat untuk makanan. Makanya kategorinya dia itu kan ada. Kalau dia sudah standar 70 persen sampai 80 persen itu bisa digunakan untuk menggerakkan motor diesel," jelasnya. (Penulis: Dwinta Novelia Basri/CR)


 

Loading...
Loading...