Kamis, 23 Januari 2020 20:20 WITA

Kuatkan Identitas Kota Santri, PKK Parepare Inisiasi Penanaman Pohon Kurma

Penulis: Hasrul Nawir
Editor: Nur Hidayat Said
Kuatkan Identitas Kota Santri, PKK Parepare Inisiasi Penanaman Pohon Kurma
Penanaman bibit pohon kurma dilakukan secara simbolis di TK Tunas Bangsa (mewakili jenjang TK dan Paud), Kamis (23/1/2020).

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua PKK Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, membuat gebrakan baru dengan menginisiasi penanaman bibit pohon kurma di Kota Parepare.

Penanaman pohon kurma dilakukan di seluruh TK, SD, SMP, dan sejumlah masjid ini, kata dia, untuk menguatkan identitas Parepare sebagai kota santri dan ulama. 

Pohon kurma yang identik berada di negara Islam, tepatnya di Kota Arab Saudi ini juga, lanjut Erna, memiliki manfaat di setiap bagian pada pohonnya. 

Erna mengungkapkan, kurma jenis Kolak One alias KL 1 atau populer disebut kurma tropis ini tak hanya dapat tumbuh di padang pasir tetapi pada jenis tanah, termasuk di Kota Parepare. 

"Kualitas tanah kita di Parepare sudah disurvei dan alhamdulillah cocok untuk tanaman kurma, meski berada pada cuaca yang ekstrem sekalipun," ungkap istri Wali Kota Parepare, Taufan Pawe, yang dikenal konsiten dalam pembangunan umat ini.

Bibit kurma yang dibagikan di seluruh sekolah-sekolah, seperti TK, SD, dan SMP, serta di masjid-masjid ini berjumlah 350 bibit pohon.

loading...

Penyaluran dan penanaman bibit pohon kurma dilakukan secara simbolis di TK Tunas Bangsa (mewakili jenjang TK dan Paud), dilanjutkan ke SDN 24, lalu ke SMPN 1, dan terakhir di Masjid Al-Khaerat Grand Sulawesi Parepare, Kamis (23/1/2020).

Tak hanya melakukan penanaman bibit kurma, Erna Rasyid Taufan bersama sejumlah Pengurus PKK, Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), Karang Taruna, dan Pemkot Parepare ini juga membagikan bibit pohon rambutan, mangga, dan durian. 

"Kita bagikan sebanyak 500 bibit pohon mangga, durian dan rambutan sebagai salah satu program pemerintah dalam pelestarian lingkungan," kata Wildana, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan.

"Kalau selama ini PKK hanya identik dengan masak memasak, tetapi suatu kebanggaan bagi kita Parepare, karena Ibu Ketua PKK melakukan gebrakan dengan menginisiasi penanaman kurma sebagai bentuk dukungan program pemerintah dalam pelestarian lingkungan," ujar Arifuddin Idris, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, menambahkan. 

Loading...
Loading...