Selasa, 21 Januari 2020 16:11 WITA

Dikenal Kejam oleh Intel, Pemimpin ISIS yang Baru Berjuluk 'Profesor'

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dikenal Kejam oleh Intel, Pemimpin ISIS yang Baru Berjuluk 'Profesor'

RAKYATKU.COM - Pemimpin baru ISIS telah terungkap. Namanya adalah Amir Mohammed Abdul Rahman al-Mawli al-Salbi. Dia adalah ekstremis Irak yang dijuluki "Profesor."

Dua dinas intelijen mengatakan, Salbi mengambil kendali ISIS usai kematian mantan pemimpin sebelumnya Abu Bakar al-Baghdadi, dikutip dari The Guardian, Selasa (21/1/2020).

Dia digambarkans sebagai orang yang kejam. Juga juga dikenal oleh nom de guerre Haji Abdullah, membantu menemukan kelompok teror yang sakit dan terlibat dalam perbudakan budak seks Yazidi.

Tahun lalu, ia disebut sebagai Abdullah Qardash. Namun para pejabat Irak sekarang percaya ini adalah seorang militan terpisah yang meninggal dua tahun lalu.

loading...

Dijuluki "Profesor" dan "Penghancur", Salbi dikatakan telah mengambil alih kendali dari menjalankan sehari-hari kelompok jihad setelah Baghdadi menggunakan rompi bunuh diri selama serangan AS pada Oktober di barat laut Suriah.

Laporan lain menunjukkan bahwa militan menjalankan kultus kematian mulai Juli atau Agustus karena kesehatan Baghdadi gagal setelah dia terluka dalam serangan udara.

Tags
Loading...
Loading...