Selasa, 21 Januari 2020 15:23 WITA

2.297 Petugas Pemilu di Makassar Dilindungi Bpjamsostek

Penulis: Yuniastika Datu
Editor: Adil Patawai Anar
2.297 Petugas Pemilu di Makassar Dilindungi Bpjamsostek

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pekerjaan Petugas Pemilu kini menjadi pekerjaan yang membahayakan nyawa. Pada tahun 2019 kemarin, sedikitnya ada 550 yang meninggal dunia.  Kini, petugas Pemilu di Kota Makassar dilindungi BPJS Ketenagakerjaan atau Bpjamsostek. 

Petugas Pemilu (PPK/PPL/PPTPS), sebanyak Total 2.297 Petugas Pemilu yang terdiri dari 45 Orang Panwascam, 153 Pengawas Kelurahan dan 2099 OTPS akan mendapatkan perlindungan. 

Perlindungan ini diantaranya, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama pelaksanaan Pilwalkot Kota Makassar Tahun 2020 sampai Selesai.

Hal ini telah resmi, setelah Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Makassar, Nursari serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar Dodit Isdiyono melakukan Penandatangan MoU, di Kantor Bawaslu Kota Makassar,  Senin 20 Januari 2020. 
  
"Untuk Panwascam Akan Didaftar Per-Januari Panwas Kelurahan di Bulan Maret serta Panwas TPS Per-Agustus nanti. Untuk Iuran akan ditanggung oleh Anggaran Bawaslu Kota Makassar, " ujar Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Makassar. 

Ia menyebutkan, Petugas Pemilu merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab Bawaslu Kota Makassar, untuk Selalu  melindungi petugas pemilu dari resiko kerja serta memberi rasa nyaman dalam bekerja selama pilwalkot berlangsung. 

loading...

"Perlu diketahui bahwa dalam Pilpres 2019 beberapa petugas pemilu mengalami musibah, entah Kecelakaan kerja dan perlu diketahui bahwa Dalam Pilpres 2019 beberapa petugas pemilu mengalami Musibah, seperti Kecelakaan Kerja dan Meninggal sehingga Wajib kiranya kita belajar dari sana bahwa perlunya Petugas Pemilu didaftarkan Program BPJS Ketenagakerjaan, " tambah dia. 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Dodit Isdiyono mengatakan, selama Pilwalkot berlangsung resiko kerja pahlawan demokrasi ini adalah tanggungjawab negara melalui BPJS Ketenagakerjaan. 

"Petugas pemilu tidak takut lagi dalam melaksanakan  amanah dan pengabdian dari Negara," katanya. 

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Makassar Nursari berharap agar BPJS Ketenagakerjaan untuk segera melakukan Sosialiasi bersama Bawaslu Kota Makassar terhadap Petugas Pemilu di 15 Kecamatan di Kota Makassar.

Loading...
Loading...