Senin, 20 Januari 2020 15:46 WITA

Wagub Sulsel Harap Kualitas Daging Terjamin di RPH Tamangapa

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Adil Patawai Anar
Wagub Sulsel Harap Kualitas Daging Terjamin di RPH Tamangapa

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan tengah serius dalam modernisasi Rumah Potong Hewan (RPH) Tamangapa yang terletak di Kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala, Makassar.

Diketahui, Pemerintah Kota Makassar bersama DPRD kota Makassar telah berkomitmen untuk memfasilitasi agar RPH bisa diakses Pemprov Sulsel untuk dimodernisasi.

Bahkan ditarget tahun 2020 ini pembangunan dapat terealisasi. Sehingga RPH itu benar-benar representatif untuk dioperasikan. 
 
Ada banyak hal yang harus dibenahi. Antara lain untuk meningkatkan kualitas daging hasil pemotongan, serta kapasitas potong ternak bisa ditingkatkan.

Bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, perihal itu dibahas Wakil Gubernur Sulsel, 
Andi Sudirman Sulaiman dalam rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Rumah Potong Hewan Terstandar Modern Tamangapa, Senin (20/1/2020).

Andi Sudirman Sulaiman berharap melalui modernisasi disertai pengawasan dan memperhatikan kebersihan RPH, bisa menjaga kualitas daging.

"Sinergitas Pusat, Pemprov dan Pemkot akan terlibat dalam modernisasi ini menuju RPH yang standar ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal). Dinas Peternakan Pemprov dan Kota akan melakukan rapat terbuka mendengar masukan para pihak termasuk swasta pengguna jasa RPH untuk design yang lebih berkesesuaian kebutuhan lapangan," terangnya.

Menurut orang nomor dua di Sulsel ini, hal ini menjadi sangat penting untuk menjamin kesehatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat dalam mengkonsumsi daging ternak di Sulsel.

loading...

"Ya, masyarakat Sulsel harus memperoleh produk yang daging berstandar aman, sehat, utuh dan halal," ujarnya.

Mengelola RPH secara profesional, memiliki nilai komersil, efesien dan efektif dengan konsep RPH modern dan sertifikasi halal.

"Kami terus mendukung pengembangan peternakan di Sulsel, salah satunya Rumah Potong Hewan. Perlahan, kita berjalan sesuai SOP yang ada, untuk kualitas daging yang baik," jelasnya. 

Sementara Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Susel, Abdul Azis pembangunan RPH ini adalah sharing dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kota. 

"Lokasi yang ada sekitar 6,2 hektar. Tahun ini insya Allah dapat diresmikan dan di operasikan," ujar Abdul Azisl.

Loading...
Loading...