Senin, 20 Januari 2020 14:09 WITA

Di Barru, Wagub Sulsel Kunjungi Perikanan Budi Daya Air Payau Laut

Penulis: Irmawati Azis
Editor: Adil Patawai Anar
Di Barru, Wagub Sulsel Kunjungi Perikanan Budi Daya Air Payau Laut

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perikanan Budidaya Air Payau Laut milik Dinas Kelautan Dan Perikanan Sulsel diharapkan adanya buku catatan harian kapal atau biasa disebut logbook.

Hal itu disarankan oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Saat berkunjung ke UPT Perikanan Budidaya Air Payau Laut di Kabupaten Barru, 19 Januari 2020.

"Saya mengarahkan Kepada Kepala UPT agar membuat logbook, agar aktivitas harian, pencatatan hasil produksi terarsip dengan rapi, dan ada pencatatan laporan," sarannya.

Ke depan, lanjut Andi Sudirman, diharapkan UPT dapat melakukan pembinaan terhadap masyarakat di sekitar wilayah pesisir.

"Agar dapat mendorong ekonomi atau kesejahteraan masyarakat pesisir," ujarnya.

Didampingi Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Prov Sulsel dan anggota TGUPP, Andi Sudirman mengunjungi bangsal chanos-chanos. Lokasi itu tempat penyimpanan benur udang windu. Tahub 2019 lalu, sudah disebar 5.000.000 benur dengan total daya tampung mencapai 10 juta benur.

loading...

Dikesempatan itu pula, alumni Teknik Unhas ini mengunjungi beberapa lokasi. Seperti keramba ikan laut dan tambak ikan aset Pemprov Sulsel. 

Ia pun tak ketinggalan membeli ikan hasil tangkapan masyarakat sekitar. Bahkan masyarakat pun antusias menyambut kehadiran orang nomor dua di Sulsel itu.

"Kami ingin melihat lebih dekat potensi sumber raya perikanan dan kelautan Sulsel," ujar Andi Sudirman Sulaiman.

Diketahui, Unit Pelaksana Teknis Perikanan Budidaya Air Payau Laut memiliki fungsi sebagai pengembangan perekayasaan teknis pembudidayaan ikan dan pengujian mutu benih serta sertifikasi mutu benih ikan. 

Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan daerah melalui peningkatan produksi budidaya perikanan air tawar, payau dan laut, serta memfasilitasi ketersediaan induk dan benih unggul yang cukup.

Loading...
Loading...