Minggu, 19 Januari 2020 09:43 WITA

Profil 8 Pengacara Trump, Satu Pernah Bongkar Selingkuh Clinton-Monica Lewinsky 

Editor: Abu Asyraf
Profil 8 Pengacara Trump, Satu Pernah Bongkar Selingkuh Clinton-Monica Lewinsky 
Ken Starr (kanan)

RAKYATKU.COM - Siapa saja pengacara hebat dan terkenal di AS? Mereka kini berada di belakang Presiden Donald Trump.

Ada delapan pengacara yang digunakan untuk menghadapi impeachment. Termasuk Ken Starr, yang membongkar perselingkuhan Presiden Bill Clinton dan Monica Lewinsky.

Berikut profil singkatnya seperti dikutip dari Gulf News: 

1. Pat Cipollone

Penasihat Gedung Putih saat ini, Cipollone adalah sosok yang sederhana dan pribadi yang membangun karier di bidang litigasi yang kompleks. 

Meskipun ia tidak memiliki pengalaman persidangan yang luas, ia telah menangani banyak kasus besar. Termasuk gugatan terhadap perusahaan pelaporan kredit Equifax setelah pelanggaran data besar-besaran. 

Dia juga membela mahasiswa Universitas Virginia yang mengklaim bahwa dia adalah korban pemerkosaan geng di sebuah rumah persaudaraan dan ditampilkan dalam artikel Rolling Stone 2014 yang kemudian ditarik kembali. 

Di Gedung Putih, ia membela hak Trump untuk mendapatkan hak eksekutif. Dia berpendapat bahwa penyelidik kongres tidak berhak mempertanyakan staf Gedung Putih tentang percakapan mereka dengan presiden.

2. Jay Sekulow

Terkenal di kalangan konservatif, Sekulow adalah salah satu pengacara pribadi presiden. Dia terlibat dalam investigasi penasihat khusus Robert Mueller terhadap campur tangan Rusia dalam pemilu 2016. 

Punya latar belakang radio dan TV, Sekulow memiliki pengalaman media yang luas. Dia telah berdebat di Mahkamah Agung setidaknya selusin kesempatan. Termasuk kasus-kasus penting tentang kebebasan beragama. 

Sebagai kepala penasihat di Pusat Hukum dan Keadilan Amerika, Sekulow juga telah mewakili Trump dalam perjuangannya untuk mencegah pembebasan pajaknya.

3. Alan Dershowitz

Dershowitz, pakar hukum konstitusi dan mantan profesor Harvard. Dia bagian dari "tim impian" OJ Simpson yang legal. 

Ia memilih Demokrat Hillary Clinton pada 2016, namun tetap menjadi pembela publik vokal Trump, menulis buku berjudul "The Case Against Impeaching Trump. 

Dershowitz mengatakan dia akan menghadirkan argumen lisan yang menguraikan argumen konstitusional terhadap impeachment Trump untuk mempertahankan integritas Konstitusi dan untuk mencegah penciptaan preseden konstitusi yang berbahaya. 

Dia mengatakan dia tidak akan menjadi anggota penuh Trump. Tim hukum. Dershowitz telah membela sejumlah klien kontroversial termasuk Jeffrey Epstein, multimiliuner yang bunuh diri di penjara musim panas lalu sambil menunggu persidangan atas tuduhan bahwa ia melakukan pelecehan seksual terhadap beberapa gadis di bawah umur. 

Salah satu penuduh Epstein juga menuduh Dershowitz berpartisipasi dalam pelecehannya. Dershowitz membantah keras tuduhan itu.

4. Ken Starr

loading...

Terkenal karena perannya di tahun 1990-an sebagai penasihat independen yang menyelidiki Presiden Bill Clinton, Starr menjadi nama keluarga dengan laporannya tentang hubungan luar nikah Clinton dengan intern Gedung Putih Monica Lewinsky. 

Itu menyebabkan impeachment Clinton lebih dari 20 tahun yang lalu. Seorang mantan pengacara umum dan hakim pengadilan wilayah federal, Starr telah menjadi tamu tetap di Fox News, membela Trump di jaringan yang disukainya. Tapi dia dan Trump tidak selalu sependapat. 

"Saya pikir Ken Starr adalah orang gila. Saya benar-benar berpikir bahwa Ken Starr adalah bencana," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan NBC pada tahun 1999.

Starr dicopot sebagai presiden Universitas Baylor dan kemudian mengundurkan diri sebagai kanselir sekolah setelah ulasan kritis terhadap universitas. Penanganan dugaan serangan seksual terhadap pemain sepak bola.

5. Robert Ray

Mantan penuntut federal, Ray mengambil alih Kantor Penasihat Independen setelah Starr dan dikenal karena laporan panjang yang ditulisnya tentang perselingkuhan Clinton-Lewinsky. Dia sekarang fokus pada masalah pertahanan kriminal kerah putih dan telah sering muncul di Fox News, membela presiden.

6. Pam Bondi

Mantan jaksa agung Florida dan pendukung Trump yang lama, Bondi bergabung dengan tim komunikasi Gedung Putih akhir tahun lalu secara sementara untuk membantu membentuk strategi pertahanan pemerintah. 

Setelah mengundurkan diri dari posisi Florida pada Januari, ia bekerja sebagai pelobi untuk Ballard Partners, yang mewakili klien termasuk General Motors, komisaris Major League Baseball dan kelompok advokasi anti-perdagangan manusia Kristen.

7. Jane Raskin 

Mantan pengacara federal menangani kasus kejahatan terorganisir dan pemerasan dan sekarang memiliki praktik hukum dengan suaminya di Florida. 

Pada 1980-an, dia adalah seorang pengacara persidangan dengan Pasukan Mogok Boston Terorganisir Bagian Kejahatan, dan kasusnya termasuk persidangan sembilan bulan dan vonis underboss dari New England Mafia. 

Dia juga menjabat sebagai penasihat asisten jaksa agung Divisi Kriminal Departemen Kehakiman di Washington dan sebagai asisten pertama pengacara AS untuk Distrik Massachusetts. 

Dia dan suaminya, Martin Raskin, kemudian membentuk sebuah firma hukum yang berbasis di Coral Gables, Florida. Keduanya bekerja dengan Sekulow dan Rudy Giuliani selama investigasi Mueller.

8. Eric D Herchmann

Dia adalah mitra di Kasowitz Benson Torres LLP, sebuah firma hukum yang telah mewakili Trump dalam banyak kasus selama 15 tahun terakhir. 

Herschmann melayani berbagai peran di Southern Union Company, sebuah utilitas gas alam, termasuk sebagai wakil presiden eksekutif senior, presiden dan chief operating officer. 

Menurut situs web firma hukumnya, ia membantu penjualan perusahaan pada 2012 dengan harga lebih dari $ 10 miliar. Dia sebelumnya juga bekerja sebagai penasihat litigasi senior dan sebagai asisten jaksa wilayah di Kantor Kejaksaan Distrik Manhattan.

Loading...
Loading...