Sabtu, 18 Januari 2020 22:16 WITA

Sudah Mau Mengudara, Giliran Layar Monitor 737 MAX Tidak Menyala

Editor: Abu Asyraf
Sudah Mau Mengudara, Giliran Layar Monitor 737 MAX Tidak Menyala
Boeing 737 MAX

RAKYATKU.COM - Boeing 737 MAX tak putus dirundung masalah. Di tengah upaya terbang kembali, kendala serius muncul lagi. Terjadi malfungsi saat proses startup.

Masalah terjadi pada software. Khususnya yang memverifikasi apakah monitor yang melacak sistem-sistem utama pada pesawat, telah berfungsi dengan baik. 

Pemeriksaan monitor biasanya dilakukan secara otomatis saat pesawat atau sistemnya dinyalakan. Namun, dalam pemeriksaan terbaru, salah satu monitor tidak menyala dengan benar.

Masalah baru ditemukan pihak Boeing saat melakukan pengkajian teknis pekan lalu. Meski begitu, Boeing menyebut masalah itu sebagai masalah kecil. Katanya, tidak seharusnya menunda kembalinya 737 MAX pada layanan.

Persoalan semacam ini biasanya ditemukan saat mendekati akhir proses pengembangan software. Artinya, Boeing hampir menyelesaikan proses pembaruan software pada 737 MAX.

loading...

Boeing sedang memprogram kembali software 737 MAX. Piranti lunak itu memicu dua kecelakaan, yakni Lion Air JT 610 dan Ethiopian Airlines ET 302. Total 346 orang tewas. 

Perbaikan fokus pada sistem anti-stall penerbangan, MCAS, yang dilaporkan berperan besar pada dua kecelakaan itu.

Selain harus menyelesaikan paket software, Boeing juga masih harus melakukan satu atau lebih banyak latihan penerbangan dengan para pakar FAA. Juga membawa para pilot berbagai maskapai untuk menguji coba perubahan yang dilakukan pada 737 MAX.

Boeing 737 MAX di-grounded secara global sejak Maret 2019. Sebelum pesawat itu kembali mengudara, otoritas penerbangan sipil harus menentukan jenis pelatihan apa saja yang diperlukan oleh para pilot 737 MAX dan menjadwalkan uji penerbangan. 
 

Loading...
Loading...