Minggu, 19 Januari 2020 01:00 WITA

Temukan Uang Rp589 Juta dalam Sofa Bekas yang Dia Beli, Pria Ini Memilih Mengembalikannya

Editor: Abu Asyraf
Temukan Uang Rp589 Juta dalam Sofa Bekas yang Dia Beli, Pria Ini Memilih Mengembalikannya
ILUSTRASI

RAKYATKU.COM - Howard Kirby mencubit dirinya. Beberapa kali dengan lebih keras. Dia merasakan sakit. Ternyata dia tidak sedang bermimpi.

Siang itu, satu set sofa baru saja tiba di rumahnya. Dia membeli sofa bekas di Habitat for Humanity ReStore di Owosso, Michigan.

Saat mengetes sofa itu, dia menemukan benda aneh pada bantal sandarannya. Putrinya akhirnya membuka ritsleting bantal. Ternyata ada tumpukan uang kertas pecahan seratus dolar.

Setelah dihitung, jumlahnya mencapai $ 43.170 atau sekitar Rp589 juta.

"Masih sering terbayang dalam pikiran saya," kata Kirby seperti dikutip dari CBS 5.

Pada peristiwa yang terjadi bulan lalu itu, dia sempat gamang. Menyimpan uang itu atau mengembalikannya. Hati nuraninya mengatakan, dia tidak punya hak menyimpannya. 

Dia kembali ke toko untuk mencari pemilik asli dan memberi tahu mereka tentang uang tunai itu.

Kim Fauth-Newberry pemilik sofa tersebut. Peninggalan dari kakeknya, pemilik asli, meninggal tahun lalu. Dia bilang dia tidak tahu ada uang di dalam ketika dia menjual sofa itu.

The ReStore mengejutkannya pada hari Kamis dengan memanggilnya ke toko dan mengembalikan setiap sen terakhir yang ditemukan Kirby.

"Ini gila," katanya. "Benar-benar hebat," lanjut Kim Fauth-Newberry.

Kirby telah meminta nasihat hukum tentang haknya atas uang itu. Dia diberi tahu bahwa dia tidak berkewajiban mengembalikannya. Meskipun memiliki hak hukum untuk menyimpannya, dia pikir mengembalikannya adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Manajer toko, Rick Merling, memuji Kirby karena memberi contoh dan menempatkan kebutuhan orang lain di atas kebutuhannya sendiri.

Kirby mengklaim dia bisa menggunakan uang itu untuk atap baru rumahnya. Namun, dia senang uang tunai telah menemukan jalan kembali ke pemilik aslinya.

"Saya selalu berpikir, 'Apa yang akan saya lakukan jika itu terjadi?' Sekarang saya tahu. Dan itu membuat saya merasa baik," katanya.

Loading...
Loading...

Berita Terkait