Kamis, 16 Januari 2020 19:03 WITA

Dubes Inggris untuk Iran Buru-buru Ditarik, Ada Ancaman Mau Dicincang

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dubes Inggris untuk Iran Buru-buru Ditarik, Ada Ancaman Mau Dicincang

RAKYATKU.COM - Duta Besar Inggris untuk Iran, Rob Macaire kembali ke Londong. Itu setelah adanya ancaman keamanan terhadap dirinya.

Ancaman itu keluar dari mulut ulama terkenal di Iran, Ayatollah Ahmad Alamolhoda, dikutip dari The Sun, Kamis (16/1/2020).

“Ada yang mengatakan Duta Besar Inggris harus diusir. Mengusir duta besar Inggris adalah tindakan kebaikan terbesar terhadapnya. Itu akan menjadi pengampunan," kata dia. "Tidak. Duta Besar Inggris harus dipotong-potong."

Ulama tersebut adalah wakil pemimpin tertinggi Ayatollah Khamenei di Mashhad, kota terbesar kedua Iran.

Duta Besar telah berada di pusat badai diplomatik antara Whitehall dan Teheran sejak Sabtu. Setelah ia ditangkap saat menghadiri sebuah vigil untuk pesawat Ukraina yang jatuh yang menewaskan 176 termasuk empat orang Inggris.

loading...

Diplomat senior itu juga dilabeli "persona non grata" oleh pengadilan Iran dan patung utusan dibakar di Teheran oleh pengunjuk rasa garis keras.

Kantor Luar Negeri kemarin menegaskan kembalinya Macaire ke London sudah lama direncanakan dan dia akan kembali ke Teheran segera setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri.

Dalam upaya untuk mengecilkan ancaman mengental darah, seorang juru bicara FCO mengatakan: "Duta Besar Rob Macaire akan kembali ke Inggris hari ini pada kunjungan yang telah direncanakan.

Tags
Loading...
Loading...