Rabu, 15 Januari 2020 20:37 WITA

Mantan Bintang Sepak Bola Dunia Ini Jadi Supir Uber Usai Dicap Teroris

Editor: Fathul Khair Akmal
Mantan Bintang Sepak Bola Dunia Ini Jadi Supir Uber Usai Dicap Teroris
(Foto: Ist)

RAKYATKU.COM - Hakan Sukur sudah menjadi legenda sepak bola asal Turki. Namun nasibnya kini tak seberuntung rekan-rekannya, macam Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi yang hidupnya bergelimang harta.

Sebaliknya, Hakan Sukur kini harus berjuang hidup menjadi supir taksi online Uber di Amerika Serikat .

Mantan striker tim nasional Turki, yang juga bermain untuk Inter Milan dan Blackburn Rovers itu, sempat berkarier di politik usai memutuskan pensiun dari sepak bola.

Namun, perselisihannya dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan malah bikin dirinya jatuh miskin.

Bintang sepak bola yang telah mencetak 51 gol dan 112 penampilan untuk tim nasional, itu pernah gabung dengan Partai Keadilan dan Pembangungan (AKP) pimpinan Erdogan pada 211. Namun, setelah dua tahun berkarier di politik, Sukur malah memutuskan mundur dengan alasan perselisihan dengan Erdogan tak bisa didamaikan.

Wawancara terbaru yang dipublikasikan Welt am Sonntag (media Jerman), pria 48 tahun itu membeberkan batapa sulit hidupnya kini sejak dituduh berpartisipasi dalam kudeta gagal.

"Saya tidak punya apa-apa lagi, Erdogan mengambil segalanya, hak saya untuk kebebasan, kebebasan berekspresi dan hak untuk bekerja," ucap Sukur, dikutip Daily Mail.

loading...

"Sepertinya tidak ada yang bisa menjelaskan apa peran saya dalam kudeta ini. Saya tidak pernah melakukan sesuatu yang ilegal, saya bukan penghianat atau teroris. Saya mungkin menjadi musuh pemerintah ini, tapi bukan negara atau bangsa Turki. Saya mencintai negara saya.

"Setelah perpecahan dengan Erdogan, saya mulai menerima ancaman. Toko istri saya diserang, anak-anak saya dilecehkan, ayah saya dipenjara dan semua aset saya disita.

"Jadi saya pindah ke Amerika Serikat, awalnya mengelola sebuah kafe di California, tetapi orang-orang aneh terus datang ke bar. Sekarang saya jadi supir Uber dan saya menjual buku," ujarnya dikutip dari uzone.id.

Sukur masih diingat oleh penggemar sepak bola di Turki, setelah mencetak gol-gol penting untuk tim nasional dan jadi bintang timnas di Piala Dunia 2002.

Sukur jadi striker di timnas Turki dan berhasil meraih posisi tiga di Piala Dunia yang digelar di Jepang dan Korea Selatan itu.

Sukur mencetak gol saat melawan tuan rumah Korea Selatan di Senol Gunes dengan skor 3-2.

Loading...
Loading...