Rabu, 15 Januari 2020 15:59 WITA

Intensitas Hujan Tinggi, Petani Dilindungi Asuransi Pertanian

Editor: Andi Chaerul Fadli
Intensitas Hujan Tinggi, Petani Dilindungi Asuransi Pertanian

RAKYATKU.COM - Hujan mulai mengguyur sentra pertanian di Indonesia. Untuk membantu melindungi petani dari ancaman kerusakan tanaman akibat bencana alam, pemerintah menganjurkan petani ikut asuransi usaha tani padi (AUTP).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian (Kementan) Sarwo Edhy mengatakan, perubahan iklim yang kian sulit ditebak. Kini hal itu menjadi tantangan dalam usaha tani. 

Apalagi usaha tani merupakan kegiatan yang tergantung fenomena alam. Sehingga diperlukan tindakan yang cermat dalam menghadapinya.

loading...

"Saat musim kemarau, petani harus dapat mengantisipasi agar tidak terjadi kekeringan. Begitu juga saat musim penghujan, banjir bisa mengancam. Fenomena alam ini dapat dihadapi jika prasarana dan sarana siap serta sesuai," kata Sarwo Edhy, Selasa (14/1/2020). 

Dikatakannya, penggunaan benih yang sesuai (spesifik lokasi), pemberian pupuk seimbang dan tepat waktu, penggunaan pestisida secara bijak, serta manajemen pengairan merupakan hal-hal yang harus diperhatikan.

HALAMAN
1 2 3 4
Loading...
Loading...