Minggu, 12 Januari 2020 22:46 WITA

Lepas 600 Runners, Adnan: Gowa Miliki Lokasi Wisata yang Beragam

Penulis: Muh. Ishak Agus
Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Lepas 600 Runners, Adnan: Gowa Miliki Lokasi Wisata yang Beragam

RAKYATKU.COM, GOWA - Sebanyak 600 runners dari dalam hingga luar daerah mengikuti Gowa Fun Run 2020, yang dilepas langsung Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

600 runners itu berlari dari garis start dengan titik pelataran Rumah Jabatan Bupati Gowa, Jalan Beringin, Minggu (12/1/2020). 

Bahkan di awal kegiatan, Bupati Gowa, Wakil Bupati Gowa, pimpinan SKPD dan peserta larut bersama mengikuti pemanasan sebelum memulai lari.

Adnan mengatakan, pelaksanaan Gowa Fun Run ini adalah yang pertama kalinya di Kabupaten Gowa. Juga menjadi langkah memperkenalkan destinasi wisata yang ada di wilayah tersebut. 

"Kabupaten Gowa selain memiliki destinasi wisata alam, pengunungan, dan air terjun, juga memiliki lokasi wisata-wisata bersejarah. Gowa ini sangat dikenal dengan sejarahnya makanya untuk rute yang dilewati adalah tempat-tempat wisata bersejarah yang ada di sini," kata Adnan.

Pihaknya pun mengaku akan memfasilitasi aktivitas dan kegiatan para runners. Hal tersebut juga menjadi salah satu alasan dibangunnya lokasi joging track di Ruang Terbuka Hijau Syekh Yusuf Discovery, yang akan menjadi lokasi berlari. 

"Semoga para runners bisa menikmati setiap lokasi wisata bersejarah yang dilewati dan lengkap dengan suguhan penampilan seni yang dimiliki daerah ini," terangnya. 

loading...

Misalnya, di lokasi Makam Sultan Hasanuddin dan depan Kantor Bupati ditampilkan pertunjukan Pasukan Tubarani, di Masjid Tua Katangka ditampilkan penampilan Pasinrili, di perbatasan Gowa-Makassar ditampilkan pertunjukan Gandrang Bulo dari anak kecil dan di depan Balla Kayyua ditampilkan pertunjukan Gandra dan Pui-pui. 

Lepas 600 Runners, Adnan: Gowa Miliki Lokasi Wisata yang Beragam

Ketua Panitia Gowa Fun Run 2020, Aditya Andre menjelaskan, para runners yang ikut berpartisipasi berasal dari beberapa kabupaten/kota di Sulsel di antaranya, Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Barru, Parepare, Bulukumba. Bahkan, ada juga yang berasal dari luar daerah yakni Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Ia mengaku, kegiatan yang pertama kali digelar ini termotivasi dari daerah lain yang terlebih dahulu melakukan kegiatan serupa.

"Kami lihat daerah lain sudah banyak mengadakan kegiatan seperti ini, makanya kami dari Komunitas Gowa Runners juga merasa terpanggil untuk bikin acara serupa dan ternyata disambut positif oleh Bapak Bupati Gowa," katanya.
 

Loading...
Loading...