Minggu, 12 Januari 2020 05:00 WITA

Kasus Langka Testis Pria di India Punya Cangkang Telur, 'Bijinya' Keras

Editor: Andi Chaerul Fadli
Kasus Langka Testis Pria di India Punya Cangkang Telur,  'Bijinya' Keras

RAKYATKU.COM - Dokter di India baru-baru ini menghadapi situasi yang benar-benar sulit. Seorang pria berusia 80 tahun datang dengan darah di urin dan gejala infeksi saluran kemih.

Tetapi masalahnya ternyata bukan sekadar infeksi sederhana saja, dikutip dari Science Alert, Minggu (12/1/2020).

Pemeriksaan cepat terhadap skrotum pasien yang bengkak menunjukkan bahwa salah satu testisnya sangat keras saat disentuh. 

Dengan temuan ini, para ahli urologi di Universitas Kedokteran King George di Lucknow tiba-tiba memiliki kasus medis langka di tangan mereka.

CT scan mengungkapkan testis kanan pria itu berenang dalam cairan yang disebut dalam istilah medis sebagai hidrokel. Hanya yang ini memiliki komplikasi yang agak tidak biasa. 

Kantung cairan itu mengembangkan lapisan kalsium yang tebal seperti kulit telur.

loading...

Kalsifikasi itu sendiri bukanlah penyakit klinis yang tidak biasa. Darah kita membawa kalsium dari tulang kita di sekitar tubuh kita untuk melakukan berbagai tugas. 

Kadang-kadang menyimpannya dalam jaringan lunak sebagai 'batu' (misalnya batu ginjal) atau bahkan sepanjang pembuluh darah kita sebagai plak.

Peradangan bisa menjadi pemicu, mengubah tubuh kita menjadi tiram aneh sebagai benda kecil. Seperti benih bersarang, gigi tumbukan, atau sekantong obat yang diselundupkan ke dalam rongga hidung diubah menjadi jenis mutiara yang paling mengganggu.

Dalam contoh khusus ini, trauma yang memulai proses itu disebabkan oleh akumulasi cairan yang terperangkap di bawah membran yang mengelilingi testis.

Loading...
Loading...