Minggu, 12 Januari 2020 00:02 WITA

Ayah Panik Putranya 20 Hari Demam, Ternyata...

Editor: Andi Chaerul Fadli
Ayah Panik Putranya 20 Hari Demam, Ternyata...

RAKYATKU.COM - Seorang ayah di Cina terpuruk menghadapi putranya yang terbaring di rumah sakit. Anaknya itu telah demam dan dirawat selama 20 hari.

Demam putranya tidak membaik. Bocah tiga tahun itu telah dirawat di Rumah Sakit Rehabilitasi Mingzhou Zhejiang sejak 8 Desember. 

Ayahnya, Jiang akhirnya menemukan bahwa termometer rumah sakit itu rusak pada 27 Desember, dikutip dari Asia One, Minggu (12/1/2020).

Pada Agustus tahun lalu, anaknya didiagnosis menderita infeksi bakteri di paru-paru. Setelah bolak-balik diantar ke rumah sakit selama berbulan-bulan, ia akhirnya tampak dalam kondisi stabil. 

Namun saat dipindahkan ke rumah sakit di Zhejiang pada 5 Desember mereka diberi tahu bahwa bocah itu menderita demam. Ini sangat mengkhawatirkan. 

Karena dokter sebelumnya memberi tahu mereka bahwa demam bisa berakibat fatal pada kondisi bocah itu. Tapi Jiang menjadi curiga ketika suhu anaknya tetap tinggi selama 20 hari.

Tetapi computed tomography (CT) scan dan tes darah menunjukkan bahwa semuanya normal. Putranya juga tampak bersemangat dan bersemangat meskipun suhu tinggi.

“Seolah-olah suntikan yang diterimanya masuk ke tubuh orang lain. Itu sama sekali tidak membantu,” ujar Jiang.

Dia juga memperhatikan bahwa suhu tinggi tampaknya hanya dicatat pada termometer merkuri putranya.

Di Rumah Sakit Rehabilitasi Mingzhou Zhejiang, setiap pasien diberikan termometer merkuri sendiri.

loading...

“Perawat sesekali akan menggunakan termometer digital di dahi atau telinganya ketika dia memeriksanya. Bacaannya akan normal - sedikit lebih tinggi dari 37 derajat Celcius, ”katanya.

Namun, menurut Jiang, para perawat tidak tampak khawatir dengan ketidakkonsistenan dan terus melaporkan bahwa bocah itu menderita demam berdasarkan pembacaan suhu dubur dari termometer air raksa.

Pada tanggal 27 Desember, Jiang mengambil masalah dengan tangannya sendiri dan meminta perawat untuk termometer baru.

Menguji suhu putranya dengan kedua termometer, dia tidak bisa mempercayai matanya.

Termometer yang telah digunakan putranya selama 20 hari terakhir memberikan pembacaan 39,3 derajat Celcius sementara termometer baru membaca 37,8 derajat Celcius.

Demam didefinisikan sebagai suhu tubuh di atas 38 derajat Celcius, menurut MedicineNet .

Mengukur suhu putranya lagi - kali ini di hadapan kepala departemen rumah sakit - termometer yang salah memberikan bacaan yang 1,1 derajat Celcius lebih tinggi dari yang baru, kata Jiang.

Dia tidak hanya khawatir tentang apa pun, putranya juga membuat tagihan rumah sakit sekitar 50.000 yuan (S $ 9.748), dan telah diberikan suntikan dan berbagai obat yang tidak dia butuhkan.

Rumah sakit awalnya membantah tuduhan Jiang atas kesalahan diagnosis, menaikan ketidakkonsistenan suhu anak itu dengan bacaan yang diambil dari berbagai bagian tubuh.

Tags
Loading...
Loading...